Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dosen dan Mahasiswa UNM Ikuti Sosialisasi Program Hibah PKM

Jumat 29 Oct 2021 12:26 WIB

Red: Irwan Kelana

Dosen dan mahasiswa UNM mengikuti sosialisasi Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021.

Dosen dan mahasiswa UNM mengikuti sosialisasi Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021.

Foto: Dok UNM
PKM bertujuan menumbuhkan serta mewujudkan ide kreatif dan inovatif mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menumbuhkembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di perguruan tinggi, juga sebagai salah satu upaya peningkatan prestasi perguruan tinggi di tingkat nasional, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Hibah Peningkatan Prestasi Nasional: Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021.

 

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, Selasa (19/10) pada pukul 09.00 – 16.00 WIB.  Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang mengikuti kegiatan ini secara luring yakni Risca Lusiana Pratiwi, selaku dosen dan juga koordinator PKM Universitas Nusa Mandiri (UNM). 

Acara berlangsung di The Amani Palladium Theatre, LSPR Transpark Bekasi Campus. Sedangkan, dua mahasiswa yang hadir secara daring melalui zoom yakni Supriatna, dari Program Studi (Prodi) Sistem Informasi dan Ravi Zulfikar, mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika. 

Prof  Agus Setyo Budi, selaku kepala LLDikti Wilayah III mengatakan, LLDikti  merupakan satuan kerja di lingkungan Kemendikbudristek yang memiliki tugas memasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi yang saat ini bermitra dengan 297 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan 5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

“Demi tercapainya indikator kinerja utama (IKU), LLDikti  membina perguruan tinggi di wilayah kerjanya, salah satunya adalah dengan menggelorakan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Sehingga akan mengakselerasi kinerja perguruan tinggi yang terakreditasi unggul dan menghasilkan lulusan yang berkualitas,” ujarnya saat sambutan, Selasa (19/10) lalu.

Selanjutnya, PKM, imbuhnya, adalah wujud dari tri dharma perguruan tinggi yang bertujuan untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

“Kami ingin seluruh perguruan tinggi di wilayah III berpartisipasi dan mengakselerasi kinerjanya, salah satunya dengan ikut dan dapat hibah PKM,” tandasnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Dalam kesempatan yang sama, Dr  Wachyu Hari Haji selaku narasumber menyampaikan ada beberapa jenis bidang PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa di perguruan tinggi.

“Jenis bidang PKM yakni Riset, Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Penerapan Iptek, Karsa Cipta, Gagasan Futuristik Konstruktif, Gagasan Tertulis, Artikel Ilmiah,” jelasnya.

Selain itu, Dr  dr  Matrissya Hermita, selaku narasumber juga menuturkan, PKM dapat meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi di level nasional. Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, tetapi tidak menghentikan mahasiswa  untuk terus berkarya dan terus berinovasi.

“Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini kuncinya pada partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wadah, yaitu PKM. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa yang berlandaskan penguasaan sains dan teknologi,” paparnya.

Sementara itu, Risca Lusiana Pratiwi, koordinator PKM Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan dengan mengimplementasikan kemampuan dan tanggung jawab, serta membangun kerja sama tim dalam bidang ilmu yang ditekuni.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan ini, dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) semakin bersemangat untuk meraih hibah PKM dari LLDikti  dan semakin semangat untuk berkarya juga berinovasi,” ungkapnya dalam rilis yang diterima, Rabu (27/10).

Ia menambahkan, pihaknya akan terus bersemangat dan bekerja keras untuk berhasil lolos dalam penilaian kegiatan PKM yang diselenggarakan LLDikti.

“Kami akan berupaya meningkatkan kreativitas dalam menghasilkan karya-karya terbaik, juga mengajak rekan-rekan civitas untuk aktif membuat dan menghasilkan karya inovatif yang berkualitas,” tutupnya.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile