Sabtu 30 Oct 2021 14:05 WIB

Terus Bertambah, China Laporkan 78 Kasus Baru Covid-19

Sebagian besar kasus lokal dilaporkan di China utara

Red: Esthi Maharani
Kota salju Harbin Provinsi Heilongjiang, Cina.
Foto: Chinatraveldepot
Kota salju Harbin Provinsi Heilongjiang, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- China daratan melaporkan 78 kasus baru Covid-19 pada Jumat (29/10), naik dari 64 kasus sehari sebelumnya, menurut Komisi Kesehatan Nasional China, Sabtu (30/10). Sebanyak 59 infeksi adalah kasus lokal, yang juga mengalami peningkatan dari 48 kasus sehari sebelum, demikian pernyataan otoritas kesehatan setempat.

Sebagian besar kasus lokal dilaporkan di China utara, yakni di Heilongjiang, Mongolia Dalam, Gansu, Beijing dan Ningxia. Otoritas juga mencatat 24 kasus Covid-19 tanpa gejala, naik dari 23 kasus sehari sebelumnya.

China tidak memperhitungkan kasus tanpa gejala sebagai kasus terkonfirmasi. Tidak ada kematian baru akibat Covid-19 di China, sehingga totalnya masih 4.636 kematian.

Sebelumnya, China melakukan penguncian terhadap beberapa kota. Setelah mengunci kota Eijin di Provinsi Mongolia Dalam dan Lanzhou di Provinsi Ghansu, Kamis (28/10), China mengunci kota Heihe di Provinsi Heilongjiang. Sebanyak 1,6 juta penduduk diperintahkan tinggal di rumah dan dilarang bepergian kecuali mendesak di wilayah yang berbatasan dengan Rusia itu.

Selain itu, pejabat kota juga telah mulai menguji seluruh penduduk dan melacak kontak dekat dari pasien yang terinfeksi. Layanan bus dan taksi telah ditangguhkan dan kendaraan tidak diizinkan meninggalkan kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement