Ahad 31 Oct 2021 22:31 WIB

Yang Dikatakan Iblis saat Menggoda Umat Manusia

Iblis akan senantiasi menyesatkan manusia sampai hari kiamat

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Iblis akan senantiasi menyesatkan manusia sampai hari kiamat. Ilustrasi berdoa. Ilustrasi
Foto:

Oleh karena itu, saat Iblis menawarkan sesuatu kepada seseorang, maka hendaklah dia benar-benar waspada terhadapnya. Ketika Iblis menggodanya agar melakukan perbuatan dosa, katakanlah: "Kamu menyuruhku melakukan itu agar aku bisa mewujudkan keinginanku. Tetapi, bagaimana mungkin orang yang tak mampu menasihati diri sendiri bisa memberi nasihat yang baik kepada orang lain? Bagaimana mungkin aku akan mempercayai nasihat musuhku sendiri? Enyahlah kamu dari hadapanku, karena rayuanmu itu sama sekali tidak akan menggoyahkan jiwaku!"

Tatkala seorang hamba melakukan tindakan tersebut, maka tidak ada yang dapat dilakukan Iblis selain meminta pertolongan nafsu. Karena nafsu selalu mendorong untuk meraih apa yang diinginkannya.  

Maka dari itu, hendaklah seseorang mengarahkan akalnya supaya mau merenungkan akibat buruk dari perbuatan dosa. Dengan cara seperti ini, mudah-mudahan pertahanan berupa taufik-Nya berkenan mengirimkan bala tentaranya sehingga mengalahkan bala tentara hawa nafsu dan syahwat. 

 

Dari Iyadh bin Himar, dia menuturkan, Rasulullah ﷺ  pernah bersabda, "Hai sekalian manusia! Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memerintahkan aku agar mengajarkan sesuatu yang tidak kalian ketahui, yakni dari apa yang Dia ajarkan kepadaku hari ini: 'Sungguh semua harta yang Aku berikan kepada hamba-Ku, maka itu adalah halal baginya. Dan sungguh, Aku menciptakan hamba-hamba-Ku dalam keadaan lurus semuanya. Namun, syaitan mendatangi dan memalingkan mereka dari agama mereka. Aku juga telah memerintahkan mereka agar tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu yang tidak Aku turunkan keterangan sedikit pun mengenainya.' Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala melihat penduduk bumi, lalu Dia memurkai mereka, baik Arab maupun non-Arab, terkecuali sebagian dari Ahlul Kitab ...."  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement