Senin 01 Nov 2021 12:03 WIB

Studi: Booster Pfizer Efektif Melindungi Hingga 93 Persen

Vaksin booster Pfizer mampu melindungi dari sakit parah akibat Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Vaksin booster Pfizer mampu melindungi dari sakit parah akibat Covid-19.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Vaksin booster Pfizer mampu melindungi dari sakit parah akibat Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi menunjukkan bahwa booster atau dosis tambahan vaksin untuk mencegah infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) dari Pfizer dapat  mencegah dan mengurangi risiko gejala penyakit parah, hingga membutuhkan perawatan di rumah sakit hingga 93 persen. Angka ini dibandingkan dengan orang-orang yang hanya menerima dua dosis vaksin. 

Analisis yang dilakukan oleh para peneliti dari Clalit Health Services, yang menyediakan perawatan kesehatan untuk lebih dari setengah populasi Israel, dan Universitas Harvard, Amerika Serikat (AS) didasarkan pada data dari 728.321 orang berusia 12 atau lebih yang telah menerima dosis ketiga vaksin BNT162b2. Ini dibandingkan dengan jumlah yang sama dari individu yang divaksinasi dengan dua dosis vaksin yang diberikan lima bulan atau lebih sebelumnya.

Baca Juga

“Peluncuran nasional yang luas dari kampanye booster vaksin Covid-19 di Israel memberi Clalit Research Institute dengan kesempatan unik untuk menilai, melalui kumpulan data digitalnya yang kaya dan komprehensif, keefektifan dosis ketiga dalam pengaturan dunia nyata. terhadap komplikasi COVID-19 yang kurang umum tetapi parah,” ujar Ran Balicer, direktur Clalit Research Institute dan penulis senior studi tersebut, dilansir Algemeiner, Senin (1/11). 

Menurut Balicer, hasil tersebut menunjukkan secara meyakinkan bahwa booster sangat efektif terhadap Covid-19 dengan gejala parah. Secara khusus adalah pada kelompok usia dan subkelompok populasi yang berbeda, dengan efek yang terlihat dalam satu pekan setelah pemberian dosis ketiga vaksin.

Miguel Hernán di Harvard TH Chan School of Public Health mencatat bahwa analisis database berkualitas tinggi Clalit meniru desain uji coba asli, menggunakan temuan sebagai tolok ukur, dan memperluasnya untuk mengonfirmasi keefektifan vaksin pada remaja. Ia mengatakan bahwa kombinasi bukti dari uji coba acak dan studi observasional ini adalah model untuk penelitian medis yang efisien. 

Penelitian dilakukan dari 30 Juli hingga 23 September tahun ini, bertepatan dengan gelombang keempat infeksi dan penyakit virus corona di Israel, selama periode di mana varian Delta adalah penyebab dominan infeksi baru. Efektivitas vaksin dievaluasi setidaknya tujuh hari setelah menerima dosis ketiga, dibandingkan dengan hanya menerima dua dosis setidaknya lima bulan sebelumnya. 

Peserta penelitian memiliki usia rata-rata 52 tahun, dan 51 persen adalah perempuan. Balicer, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penasihat Ahli Nasional Israel tentang tanggapan Covid-19, menyarankan bahwa data harus memfasilitasi pengambilan keputusan kebijakan yang terinformasi untuk negara-negara, yang mengalami kebangkitan infeksi SARS-CoV-2 sebagai efektivitas vaksin berkurang dan belum memberikan booster.

Ben Reis, Predictive Medicine Group Director di Program Informatika Kesehatan Komputasi Rumah Sakit Anak Boston dan Harvard Medical School mengatakan bahwa studi epidemiologi yang cermat memberikan informasi yang dapat dipercaya tentang efektivitas booster, yang diharapkan membantu mereka yang belum belum memutuskan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dengan dosis ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement