Senin 01 Nov 2021 21:11 WIB

Ingin Tidur Nyenyak? Jangan Minum Ini di Malam Hari

Mengonsumsi minuman tertentu ternyata bisa mengganggu waktu tidur nyenyak.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Mengonsumsi minuman tertentu ternyata bisa mengganggu waktu tidur nyenyak.
Foto: PxHere
Mengonsumsi minuman tertentu ternyata bisa mengganggu waktu tidur nyenyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memenuhi tujuh hingga delapan jam dalam tidur mungkin terasa sulit bagi yang mengalami insomnia. Tak hanya insomnia, beberapa hal lain juga disebutkan bisa mengganggu jam tidur malam, salah satunya mengonsumsi minuman tertentu.

Dilansir dari health, Senin (1/11), beberapa jenis minuman tertentu disarankan agar tidak diminum di malam hari sebelum tidur. Sebab, efeknya bisa membuat gangguan tidur. Berikut beberapa jenis minuman yang dilarang dikonsumsi mendekati jam tidur malam.

Baca Juga

 

Alkohol

Minuman beralkohol dapat mencuri waktu tidur. Banyak orang mengatakan bahwa alkohol membantu mereka rileks. Namun, menurut penulis The Sleep Solution: Why Your Sleep Is Broken dan How To Fix It, W Chris Winter, MD, alkohol justru membuat seseorang tak bisa bersantai. 

“Tidak baik bersandar pada sesuatu yang ekstrinsik, seperti alkohol, untuk membuat sesuatu yang intrinsik (kemampuan untuk bersantai dan bersantai) bekerja,” ungkap Winter. 

 

Minuman manis

Menenggak minuman manis, termasuk soda, minuman buah, minuman olahraga, hingga alkohol bergula beberapa jam sebelum tidur dapat meningkatkan kemungkinan sulit tidur lebih besar.

"Minuman manis terlalu aktif di malam hari," kata Alex Dimitriu, MD, psikiatri dan pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine di California. 

Minuman seperti kafein dalam banyak minuman berkarbonasi juga akan menyita kantuk. Meski kadarnya lebih rendah dari secangkir kopi, jumlahnya masih cukup besar mengacaukan jam tidu.

 

Espresso setelah makan malam

Berbicara tentang kafein, ritual minum kopi setelah makan malam mungkin terdengar santai. Tetapi, kebiasaan ini justru bisa mengganggu tidur.

Kafein adalah stimulan yang meningkatkan kewaspadaan dan mengaktifkan energi. Cokelat panas, cola, dan teh hijau juga mengandung kafein. Namun, secara umum, kopi paling banyak mengandung kafein. 

Jadi, sebaiknya hentikan konsumsi kafein Anda pada sore dan malam hari. Penelitian sebelumnya menunjukkan minum kafein bahkan enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement