Rabu 03 Nov 2021 04:18 WIB

Relawan Rumah Zakat Ajak Warga Ubah Jelantah Jadi Rupiah

Limbah minyak jelantah jika dibuang sembarangan merusak kualitas tanah

Red: Gita Amanda
Relawan Rumah Zakat mengadakan sosialisai dan mengajak masyarakat untuk mengubah minyak jelantah menjadi Rupiah, Sabtu (23/10).
Foto: Rumah Zakat
Relawan Rumah Zakat mengadakan sosialisai dan mengajak masyarakat untuk mengubah minyak jelantah menjadi Rupiah, Sabtu (23/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Relawan Rumah Zakat mengadakan sosialisai dan mengajak masyarakat untuk mengubah minyak jelantah menjadi Rupiah, Sabtu (23/10). Minyak jelantah merupakan limbah yang berasal dari minyak goreng seperti sawit, minyak sayur dan lain sebagianya.

Diketahui minyak tersebut memiliki dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan. Dalam hal lingkungan, limbah minyak jelantah bisa menimbukan bau, menjadi tempat berkembangnya bakteri, merusak kualitas tanah bahkan ekosistem sungai dan laut.

Baca Juga

Dalam pertemuan itu pun digali terkait kebiasan masyarakat salah satunya dibuang kemana saja minyak jelantah yang sudah digunakan. Kegiatan sosialisasi ini pun disambut antusias masyarakat dan mereka sangat tertarik untuk mengikuti program mengubah minyak jelantah menjadi rupiah.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ
Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.

(QS. Ali 'Imran ayat 159)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement