Kamis 04 Nov 2021 06:53 WIB

Minuman Pendamping Sarapan yang Bantu Turunkan Hipertensi

Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka menderita hipertensi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Jus jeruk. Senyawa hesperidin dalam jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hipertensi perlu dikelola dengan beragam modalitas, termasuk diet.
Foto: Pixabay
Jus jeruk. Senyawa hesperidin dalam jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hipertensi perlu dikelola dengan beragam modalitas, termasuk diet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sari atau jus jeruk merupakan salah satu minuman yang kerap disajikan saat sarapan. Selain menyegarkan dan mudah dibuat, sari jeruk ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah mengelola tekanan darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang jarang memunculkan gejala di awal sehingga kerap terabaikan oleh penderitanya. Padahal, hipertensi yang tak terkontrol dapat memicu beragam komplikasi, mulai dari gangguan berpikir hingga serangan jantung dan gagal jantung.

Baca Juga

Minum sari jeruk setiap hari tampak memiliki pengaruh baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat sari jeruk dalam manajemen hipertensi ini diungkapan melalui sebuah studi terbaru yang dimuat dalam SpringerLink.

Studi ini menyoroti peran kandungan hesperidin alami dalam sari buah dan jus buah yang diperkaya dengan hesperidin terhadap tekanan darah. Hesperidin merupakan senyawa berbasis tumbuhan yang dimiliki oleh buah-buah sitrus.

Beberapa studi telah mengungkapkan adanya hubungan antara hesperidin dengan penurunan tekanan darah. Dalam studi ini, partisipan diberikan 500 ml sari jeruk atau jus buah yang telah diperkaya dengan hesperidin selama 12 pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement