Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

 

10 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Uji Emisi Gratis Diikuti 315 Mobil di Kantor Walkot Jakbar

Kamis 04 Nov 2021 03:23 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Petugas melakukan uji emisi gas buang kendaraan di Lapangan Parkir IRTI Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/11).

Petugas melakukan uji emisi gas buang kendaraan di Lapangan Parkir IRTI Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/11).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Tercatat ada 11 mobil yang tidak lulus dari 315 kendaraan yang menjalankan uji emisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- - Sebanyak 315 mobil mengikuti uji emisi gratis dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat (Sudin LH Jakbar) di kantor Wali Kota (Walkot) Jakbar di Kembangan pada Rabu (3/11). Kepala Seksi Pengawas dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Sudin LH Jakbar, Kamin Karsono, mengatakan, uji emisi dibagi menjadi dua jenis, yaitu kendaraan berbahan bakar solar dan bensin.

 

Pelaksanaan uji emisi di kantor Walkot Jakbar tidak dipungut biaya. "Untuk kendaraan jenis bensin sebanyak 276. Sedangkan kendaraan jenis solar ada 39 kendaraan," kata di Jakarta, Kamis (4/11).

Baca: 100 Mobil Ikut Uji Emisi Gratis di Kantor Walkot Jakbar

Dari ratusan kendaraan tersebut, sebagian kecil tidak lulus uji emisi karena mesinnya dianggap memproduksi polusi berlebih. Tercatat ada 11 mobil yang tidak lulus dari 315 kendaraan yang menjalankan uji emisi. Ke-11 kendaraan itu terdiri dari tujuh mobil jenis solar dan empat jenis bensin.

Kini, para pengendara mobil di seluruh Jakbar bisa melakukan uji emisi di 61 bengkel keliling dan tetap yang bekerja sama dengan Sudin LH Jakbar. Keberadaan para bengkel tersebut dapat dilihat dari aplikasi E-Uji Emisi yang dapat diunggah di PlayStore dan beberapa aplikasi terkait.

Para pengendara hanya perlu menyiapkan biaya uji emisi dan kelengkapan surat kendaraan sebelum melakukan pengujian di bengkel. Nantinya, hasil uji emisi dapat dilihat dari aplikasi E-Uji Emisi. Jika tidak lulus, maka pengendara disarankan untuk menyerviskendaraannya dan melakukan uji emisi lagi.

Kepala Sudin LH Jakbar, Slamet Riyadi mengatakan, masa waktu surat hasil uji emisi hanya berlaku satu tahun. Pengendara yang kendaraannya sudah lolos uji emisi diharapkan untuk melakukan tes lagi pada tahun depan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile