Pelajar di Kota Sukabumi Gaungkan Gerakan Literasi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Mas Alamil Huda

Rumah Literasi Juara yang ada di Desa Berdaya Cidadap, Kabupaten Sukabumi, kembali menggelar bimbingan belajar matematika.
Rumah Literasi Juara yang ada di Desa Berdaya Cidadap, Kabupaten Sukabumi, kembali menggelar bimbingan belajar matematika. | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Upaya mendorong gerakan literasi di Kota Sukabumi terus digaungkan. Salah satunya dilakukan pelajar yang tergabung dalam Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sukabumi (PD IPM SMI) yang menggencarkan aksi literasi untuk mendorong minat baca warga.

''Kami berharap pemerintah dan elemen lainnya bisa lebih menarik perhatian masyarakat dalam meningkatkan minat baca,'' ujar Bobor Oktora selaku Ketua Umum PD IPM Sukabumi kepada wartawan, Kamis (4/11). Hal ini disampaikan pula kepada Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam audiensi pada Rabu (3/11) kemarin di Balai Kota Sukabumi.

Baca Juga

Menurut Bobot, perlu adanya campur tangan dari pihak Pemerintah Kota Sukabumi dan elemen masyarakat. Salah satunya pelajar dalam menciptakan Gerakan Literasi di lingkungan sekitar.

Bobor menuturkan, IPM Kota Sukabumi misalnya akan menggelar perlombaan menulis esai se-Kota Sukabumi. Sehingga masyarakat setempat dapat berpartisipasi dan menuangkan karya-karyanya di sana.

''Insya Allah, pemkot akan membantu dan mendukung kalau terkait program literasi sekaligus menumbuhkan minat baca,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi menjawab harapan para pelajar. Ia juga berterima kasih sekaligus menginginkan PD IPM menjadi ujung tombak dalam merealisasikan program-program literasi di ranah pendidikan maupun masyarakat.

Fahmi menegaskan, pemkot akan selalu mendukung berjalannya program-program tersebut sehingga mereka dapat bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan literasi. Sebab, pemerintah tidak dapat berjalan sendiri melainkan memerlukan kolaborasi dalam mewujudkan target pembangunan.

Di sisi lain, Bobor sebagai ketua PD IPM Sukabumi meminta kepada wali kota agar bisa ikut andil dalam pembuatan sekaligus penerbitan buku karya anak-anak PD IPM Sukabumi. Sebab, tokoh Wali Kota dinilai memiliki pengaruh besar dalam menarik perhatian publik.

Apalagi dalam mengampanyekan karya-karya tulis yang besar harapannya bisa dibaca dan dinikmati oleh seluruh masyarakat, khususnya dari pelajar itu sendiri. ''Mudah-mudahan PD IPM Sukabumi bisa tetap semangat dalam menyuarakan minat baca dan tulis di masyarakat,'' imbuh wali kota.

Terkait


Perbaikan Ratusan Rutilahu di Sukabumi Selesai Akhir Tahun

Cakupan Vaksinasi Kota Sukabumi Terbanyak Ketiga di Jabar

Sukabumi Perkuat Koperasi Ponpes Sebagai Ikon Ekonomi Umat

Pelaku Kuliner Didorong Berinovasi dalam Sajian

Sekolah di Sukabumi Gagas Aksi Cegah Perundungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image
Light Dark