Sabtu 06 Nov 2021 07:56 WIB

Hari Pahlawan, tvOne Hadirkan Film Merdeka atau Mati Soerabaia 45

Hari Pahlawan, tvOne hadirkan film Merdeka atau Mati Soerabaia 45 malam ini.

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Film spesial Hari Pahlawan 'Merdeka atau Mati Soerabaia 45’ di tvOne
Film spesial Hari Pahlawan 'Merdeka atau Mati Soerabaia 45’ di tvOne

VIVA – tvOne kembali menayangkan film spesial sejarah, akhir minggu ini  yang akan hadir adalah film Merdeka atau Mati Soerabaia 45. Film yang mengisahkan tentang peristiwa 10 November di Surabaya ini akan hadir di tvOne pada hari Minggu, 07 November 2021, pukul 20.00 WIB.

‘Merdeka atau Mati Soerabaia 45’ merupakan sebuah film perjuangan Indonesia yang dirilis pada tahun 1990. Film ini disutradarai oleh Imam Tantowi dan dibintangi oleh Nyoman Swadayani, Leo Kristi dan Usman Effendy.

Proklamasi Kemerdekaan berkumandang, namun rakyat Surabaya seolah tidak percaya kalau Proklamasi tersebut benar adanya.

Proklamasi disambut gembira oleh rakyat. Jepang masih berkuasa namun sudah tidak memiliki taji lagi, Kemerdekaan Indonesia seolah tidak dianggap oleh Jepang.

Indonesia kemudian harus memiliki angkatan laut dan merebut semua pangkalan yang ada di Surabaya dari tangan Jepang. Sementara itu usaha untuk melucuti senjata Jepang juga dilakukan.

Jepang sebenarnya sudah kalah akibat Perang Dunia ke-2 yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki. Sehingga secara defacto kepemimpinan dan penjajahan Jepang di Indonesia sudah tidak memiliki kekuatan lagi.

Pemuda-pemuda Surabaya kemudian membentuk gerakan Merah Putih untuk menuntut Kemerdekaan RI. Kisah perang yang kemudian terkenal dengan sebutan peristiwa 10 November di Surabaya.

Antara lain tokoh pembakar semangat, Bung Tomo, perobekan bendera Belanda, tertembaknya Jenderal Inggris dan lain lain. Film ini seolah rekonstruksi visual kisah heroik  dari kacamata rakyat biasa.

Saksikan film ‘Merdeka atau Mati Soerabaia 45’ selengkapnya hanya di tvOne dan streaming via tvonenews.com, tvOne memang beda…

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement