Sabtu 06 Nov 2021 14:33 WIB

Super Junior Gelar Konser Perdana Rayakan 16 Tahun Debut

Super Junior menggelar konsernya secara offline dan daring melalui Youtube.

Red: Nora Azizah
Super Junior menggelar konsernya secara offline dan daring melalui Youtube.
Foto: Antara/Meli Pratiwi
Super Junior menggelar konsernya secara offline dan daring melalui Youtube.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para personel grup idola K-pop Super Junior akhirnya berkumpul bersama dalam perayaan debut mereka ke-16 tahun pada 6 November yang dirayakan pada Jumat (5/11) malam. Saat itu, mereka mengungkap harapan masing-masing. Eunhyuk misalnya, ingin grupnya bisa kembali menggelar konser "Super Show" secara offline di hadapan para penggemar mereka atau disapa E.L.F.

"Super Show offline," kata dia dalam siaran langsung "Super Junior 16th ANNIVERSARY PARTY" di laman YouTube, Jumat (5/11) malam.

Baca Juga

"Super Show" merupakan tur konser Super Junior yang dimulai di Korea Selatan pada lima bulan setelah perilisan album kedua mereka yakni "Don't Don" (2008). Setelahnya, konser bertajuk serupa berjalan di beberapa negara termasuk Indonesia.

Di Indonesia, Super Junior kali terakhir menggelar konser "Super Show 8 - Infinite Time" pada Januari 2020 atau tepat dua bulan sebelum pandemi COVID-19. Konser ini digelar setelah seluruh personel grup menyelesaikan masa wajib militernya dalam 10 tahun terakhir. 

Heechul menjadi satu-satunya dari 9 personel grup yang berhalangan hadir kala itu. Donghae, rekan Eunhyuk di subunit Super Junior D&E berharap dia bisa bertemu kembali dengan penggemar secara langsung dan tertawa bersama bukannya melalui layar seperti kali ini.

"Tahun depan aku berharap bisa bertemu kalian (penggemar) secara langsung. Kita tertawa bersama, tidak melalui layar tetapi secara langsung. Kami ingin membuat kalian tertawa," kata dia yang juga mendoakan kesehatan para E.L.F. dan grupnya.

Setali tiga uang dengan rekannya, Kyuhyun berujar harapan serupa. Pelantun "At Gwanghwamun" itu setengah bercanda mengatakan selama setahun terakhir dia menjadi "penyanyi siber". 

Para penggemar dan dirinya hanya bisa saling menatap melalui layar elektronik. Di sela obrolan, penggemar bertanya mengenai piyama warna biru yang dikenakan Kyuhyun. Sang penyanyi menuturkan piyama itu miliknya dan memuji kualitas bahan yang lembut.

Ke-sembilan personel Super Junior saat itu tampil santai mengenakan pakaian serba biru yang mewakili warna E.L.F (sapphire blue). Saat Super Junior menggelar konser di negara manapun, lautan warna sapphire blue selalu hadir, berasal dari pancaran cahaya lightstick berwarna serupa.

Ryeowook memperlihatkan dirinya memakai busana perayaan ulang tahun grup tahun lalu. Siwon mengatakan dirinya ingin E.L.F. terus bersama Super Junior hingga 30 tahun bahkan 70 tahun ke depan.

Pemimpin grup, Leeteuk mengungkapkan, bila biasanya mereka sangat antusias dan banyak berpikir mengenai masa depan, kali ini dalam hari jadi ke-16 tahun lebih santai dan merasa lebih dekat dengan para penggemar. "Mari bersama-sama, sampai jumpa di tur ataupun kesempatan berikutnya tahun depan," katanya. 

Selama siaran langsung yang ditonton sekitar 50.000 orang malam itu, para personel grup juga membahas kegiatan solo masing-masing seperti memandu acara, berpartisipasi dalam drama musikal, variety show hingga drama televisi. Penampilan wajah Siwon yang sempat ditumbuhi jenggot dan kumis pun tak luput dari obrolan. 

Beberapa menit sebelum siaran yang berlangsung sekitar dua jam itu berakhir, Super Junior meniup lilin kue ulang tahun mereka. Ada angka 16 di atas kue berwarna biru itu. Ucapan selamat pun mengalir dari para penggemar melalui berbagai linimasa Super Junior.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement