Ahad 07 Nov 2021 20:40 WIB

Arkeolog Temukan Ruangan Budak di Situs Pompeii

Pompeii hancur karena letusan Gunung Vesuvius hampir 2.000 tahun yang lalu.

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Arkeolog Pompeii telah menemukan sisa-sisa ruang budak dalam penemuan yang sangat langka di sebuah vila Romawi.
Foto: phys
Arkeolog Pompeii telah menemukan sisa-sisa ruang budak dalam penemuan yang sangat langka di sebuah vila Romawi.

REPUBLIKA.CO.ID, POMPEII -- Arkeolog Pompeii telah menemukan sisa-sisa ruang budak dalam penemuan yang sangat langka di sebuah vila Romawi. Situs ini hancur karena letusan Gunung Vesuvius hampir 2.000 tahun yang lalu.

Kamar kecil dengan tiga tempat tidur, pot keramik dan peti kayu ditemukan selama penggalian di Villa Civita Giuliana, vila di pinggiran kota tersebut hanya beberapa ratus meter dari sisa kota kuno.

 

Awal tahun ini, arkeolog juga menemukan sebuah kereta Romawi yang hampir utuh dengan hiasan. Para arkeolog mengatakan bahwa ruangan itu kemungkinan menampung para budak yang ditugaskan untuk merawat dan menyiapkan kereta.

 

Baca: Temuan Lamborghini Kuno di Situs Pompeii

 

"Ini adalah jendela ke dalam realitas genting orang-orang yang jarang muncul dalam sumber-sumber sejarah, yang ditulis hampir secara eksklusif oleh orang-orang elit," kata direktur jenderal Pompeii, Gabriel Zuchtriegel, dilansir di Phys, Ahad (7/11).

 

Pompeii terkubur dalam abu ketika Gunung Vesuvius meletus pada tahun 79 M. Tragedi itu menewaskan mereka yang tidak berhasil meninggalkan kota tepat waktu. Korban meninggal lantaran terkena bangunan yang runtuh atau terbunuh oleh sengatan panas letusan gunung.

 

photo
Arkeolog Pompeii telah menemukan sisa-sisa ruang budak dalam penemuan yang sangat langka di sebuah vila Romawi. - (phys)

 

Kamar seluas 16 meter persegi itu adalah persilangan antara kamar tidur dan gudang. Ada juga tiga tempat tidur, salah satunya berukuran anak-anak. Ada delapan amphorae atau keramik berbentuk vas di sudut.

 

Peti kayu berisi benda-benda logam dan kain yang tampaknya menjadi bagian dari tali kekang kereta kuda. Batang kereta ditemukan bertumpu pada salah satu tempat tidur. Kerangka tiga kuda ditemukan di sebuah kandang di penggalian awal tahun ini.

 

"Kamar itu memberi kita wawasan langka tentang realitas sehari-hari para budak, berkat kondisi pelestarian ruangan yang luar biasa," kata taman arkeologi Pompeii.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement