Rabu 10 Nov 2021 04:04 WIB

Tip Membangkitkan Kembali Semangat Olahraga

Musim hujan menyebabkan kita terjebak dalam suasana kenyamanan di dalam rumah

Rep: Mgrol131/ Red: Gita Amanda
Olahraga lari (ilustrasi). Konsistensi diri diperlukan untuk mengalahkan rasa malas berolah raga.
Foto: PxHere
Olahraga lari (ilustrasi). Konsistensi diri diperlukan untuk mengalahkan rasa malas berolah raga.

REPUBLIKA.CO.ID,  Musim hujan seperti saat ini, menyebabkan rasa malas untuk berolah raga. Konsistensi diri sungguh diuji di musim yang mendukung untuk merebahkan diri dan bersantai menikmati hujan.

Dilansir dari Female First, Direktur Atletik Global dari F45 Training, Scott Thomson, memiliki tips untuk membangkitkan kebiasaan berolah raga dan motivasi untuk mengembalikan kebugaran diri. Berikut di antaranya:

1. Teman olah raga

Peran teman dalam berolah raga akan membantu untuk terus termotivasi dalam menjaga kebugaran diri. Tidak hanya itu, memiliki teman berolah raga dapat menjaga rasa persahabatan yang baik dalam mendorong kepercayaan diri dan kemauan mental untuk bertahan dalam konsistensi diri.

2. Alasan dan tujuan berolah raga

Untuk menjaga konsistensi diri dalam berolah raga, anda perlu memahami tujuan anda berolah raga. Serta mengetahui manfaat yang akan terasa dalam keseharian bila terus menjaga kebugaran diri.

3. Olah raga di pagi hari

Memang aktivitas bekerja atau agenda di malam hari bersama teman-teman, seringkali membuat malas berolah raga keesokan harinya terutama di pagi hari. Akan tetapi memprioritaskan olah raga di pagi hari membuat kita dapat lebih mengatur emosi maupun psikis untuk menjalani sisa hari dan menjaga suasana hati tetap positif.

4. Persiapan sebelum olah raga

Persiapan ini menjadi suatu hal yang perlu dilakukan, agar halangan apapun yang akan terjadi dalam berolah raga dapat tersingkirkan. Serta dapat mengurangi peluang Anda untuk terjebak dalam alasan-alasan yang diciptakan sendiri. Lakukan persiapan pada malam hari sebelumnya, seperti mempersiapkan pakaian olah raga yang ingin dipakai, mengisi botol minum, dan mempersiapkan makanan ringan pascalatihan.

5. Jaga konsistensi

Konsistensi diri menjadi salah satu poin penting dalam mempertahankan gaya hidup sehat. Cobalah untuk memulai konsistensi berolah raga dengan mulai melakukan pembiasaan selama 21 hari. Niscaya Anda akan merasa semakin mudah ke depannya.

6. Membuat jadwal olah raga

Untuk memastikan konsistensi dalam berolah raga, perlu adanya komitmen diri terhadap jadwal berolah raga. Sebagai contoh, Anda dapat memesan kelas atau bergabung dalam klub berolah raga. Hal ini dilakukan supaya Anda memiliki jadwal olah raga tetap.

7. Coba olah raga baru

Olah raga yang berulang-ulang, mungkin saja dapat menghilangkan minat dan motivasi untuk tetap aktif berolah raga. Sehingga, melakukan jenis olah raga yang baru atau bervariasi dapat membangkitkan gairah baru dalam berolah raga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement