Senin 15 Nov 2021 10:16 WIB

Visioner: Pengertian, Ciri, dan Cara Memilikinya

Apakah Anda seorang visioner? Simak indikasi-indikasinya berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Menjadi Visioner
Menjadi Visioner

Tidak sembarang orang bisa menjadi pemimpin yang andal. Selain bermodalkan segudang pengalaman di bidangnya, pemimpin juga harus memiliki sederet kemampuan dan kapabilitas yang jarang ditemukan pada orang-orang pada umumnya. Hal inilah yang membuat seseorang mampu memimpin dan mengarahkan para pengikut atau anggotanya agar lebih efektif melakukan suatu kegiatan dan mencapai target. 

Salah satu sikap yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin hebat adalah visioner. Sikap tersebut seringkali dijadikan sebagai acuan ketika memilih seorang pemimpin karena berkaitan erat dengan kemampuannya dalam melihat segala kemungkinan yang bisa saja terjadi di masa depan. 

Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa sikap visioner itu bagi seorang pemimpin, bagaimana cirinya, dan cara memperoleh kemampuan tersebut, Cermati sudah merangkum informasinya berikut ini.

Baca Juga: Pola Pikir Keuangan Maju vs Stuck, Kamu Termasuk yang Mana?

Apa Sih Sikap Visioner Itu?

Sikap Visioner

Sikap Visioner

Visioner adalah salah satu kepribadian atau sikap yang mampu dijadikan sebagai acuan dalam memilih seorang pemimpin. Secara sederhana, yang dimaksud dengan visioner adalah skill atau kemampuan dalam memanfaatkan peluang yang mungkin terjadi di masa depan. 

Orang yang memiliki gaya kepemimpinan visioner selalu mampu melihat segala potensi organisasi atau perusahaan yang mungkin tak mampu dilihat atau disadari oleh orang lain. Kemudian, setelah mengetahui potensi atau peluang yang mungkin terjadi di masa depan tersebut, pemimpin visioner akan langsung melahirkan berbagai ide yang mampu meningkatkan kemampuan organisasi atau perusahaan dalam persaingan dengan para kompetitornya. 

Dari kemampuan tersebut dipercaya bahwa pemimpin visioner mampu menggapai visi dan misi, ataupun cita-cita perusahaan di masa mendatang. Akan tetapi, tentu saja diperlukan dukungan serta komitmen penuh dari seluruh anggota organisasi terhadap pemimpinnya agar cita-cita tersebut akhirnya mampu dicapai.

Cara Menjadi Seorang Pemimpin Visioner

Pada kenyataannya, seorang pemimpin tak langsung mempunyai kemampuan tersebut. Dalam praktiknya, seseorang memerlukan proses guna sikap visioner bisa dipelajari serta dilatih agar kemudian bisa didapatkan.

Jika kamu saat ini merasa belum memiliki sikap visioner, maka sekaranglah waktu yang tepat untuk menguasai kemampuan tersebut. Tidak perlu ragu, pada dasarnya semua orang mampu menjadi seorang yang visioner asal mengetahui caranya. Berikut adalah beberapa tips menjadi seorang pemimpin visioner yang dapat kamu terapkan. 

  1. Pandai Menjaga Hubungan Baik

    Hal pertama yang perlu dilakukan agar bisa menjadi seorang pemimpin visioner adalah mampu menjalin hubungan yang baik dengan pihak manapun. Khususnya dalam hal berbisnis, pandai menjaga hubungan dengan orang lain adalah cara paling efektif untuk mendapatkan kepercayaan mereka. 

    Barulah setelah kepercayaan tersebut didapatkan, kamu mampu menggali lebih jauh mengenai apa yang sebenarnya dibutuhkan serta apa yang mampu membuat hidup orang lain lebih mudah. Tanpa adanya jalinan hubungan yang baik serta kepercayaan, siapa pun tak akan mampu menggapai hal-hal yang ingin diraihnya ketika berbisnis.

  2. Mampu Membangun Suatu Nilai

    Selanjutnya, kamu perlu mewujudkan impian dengan cara pembentukan sebuah nilai. Pemimpin visioner harus mampu meyakinkan orang yang bakal menjalani bisnis dengannya bahwa mereka pasti mampu memperoleh keuntungan atas layanan atau produk yang ditawarkan. 

    Cara membentuk nilai ini bisa melalui memahami keinginan pelanggan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa langsung bertanya pada pelanggan terkait hal-hal apa saja yang diinginkan atau diperlukannya. 

    Cara lainnya bisa melalui survei yang dilakukan di berbagai platform. Sebagai contoh, media sosial, lalu melakukan diskusi bersama sumber terkait. Dengan mengetahui apa yang konsumen inginkan, barulah pemimpin mampu memulai untuk membentuk suatu nilai. 

  3. Lihai Mengatasi Masalah pada Bisnis

    Langkah yang ketiga untuk menjadi seorang pemimpin visioner adalah kamu harus mampu mengatasi bermacam-macam hambatan yang menghampiri. 

    Dalam berbisnis, inti tujuan yang harus diraih adalah kemampuan dalam memenuhi apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Namun, yang menjadi masalah adalah bisnis biasanya perlu dimulai dengan cara berbagi ide dengan orang lain agar mampu membuat mereka setuju serta menerima penawaran yang diberikan. Di lain sisi, kamu juga perlu memberanikan diri dan bertanya alasan yang membuat mereka menolak tawaran yang diberikan. 

    Oleh karena itu, sebagai seorang yang visioner, kamu perlu mengatasi hal tersebut dan mencari jalan keluarnya.

  4. Terbiasa Berpikir Secara Dinamis

    Pemimpin dengan sikap visioner tak akan pernah meninggalkan sebuah diskusi sebelum segala hal yang dibahas di dalamnya jelas dan dimengerti. Ketika diskusi tersebut telah melahirkan persetujuan, kamu perlu memahami dengan jelas mengenai langkah seperti apa yang selanjutnya perlu diambil. 

    Sebagai seorang pemimpin visioner, kamu perlu menyampaikan segala informasi dengan jelas serta mampu tetap teguh bertahan terhadap nilai yang akan ditawarkan. Itulah mengapa sikap visioner harus dibarengi dengan kemampuan untuk terus berpikir secara dinamis dan memikirkan langkah selanjutnya yang perlu dilakukan.

    Bahkan, ketika tujuan atau target yang ingin diraih akhirnya terwujud, kamu masih harus terus berkembang dan berusaha. Dengan begitu, tujuan serta cita-cita selanjutnya yang lebih besar bisa ditentukan dan juga berhasil diraih.

  5. Memiliki Kemampuan Manajemen Risiko

    Karena sudah memikirkan banyak hal dengan matang, seseorang dengan model leadership visioner umumnya mempunyai kemampuan ini.

    Risk management atau manajemen risiko adalah sebuah proses dalam mengidentifikasi, mengevaluasi, menganalisis, mengendalikan, serta berupaya untuk menghindari, menghilangkan, atau meminimalkan risiko yang tak bisa diterima. Melalui manajemen risiko seorang pemimpin mampu mengecilkan potensi kerugian terhadap risiko yang mungkin dihadapi oleh organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya. 

Baca Juga: Kalau Enggak Mau Miskin Terus, Pantang Ucapkan 5 ‘Mantra’ Ini

Ciri Orang yang Memiliki Sikap Visioner

Ciri Orang yang Memiliki Sikap Visioner

Ciri Orang yang Memiliki Sikap Visioner

Menjadi seorang pemimpin visioner harus memiliki kemampuan untuk menciptakan visi serta tujuan jelas berkaitan dengan pemahaman dalam meraih peluang. Tidak hanya itu, ia juga harus mahir merealisasikan beragam upaya dalam meningkatkan mutu serta kualitas dengan lebih terarah. 

Dengan pemikiran yang lebih kreatif demi kebaikan bisnis serta teraihnya visi, pemimpin visioner memiliki beberapa ciri yang bisa dicermati. Berikut adalah beberapa ciri seorang pemimpin visioner. 

  • Dapat merumuskan serta menjual visi dan mengelola organisasi atau perusahaan secara profesional. 
  • Mampu meraih kepercayaan dan respek dari para anggota kelompok guna merealisasikan rencana.
  • Mempunyai integritas, konsistensi, loyalitas, kompetensi, dan sikap terbuka. 
  • Mengesampingkan ego serta kepentingan individu dan kelompok demi mewujudkan visi organisasi.
  • Mempunyai human skill, khususnya dalam upaya memecahkan konflik yang terjadi di antara anggotanya, dan mempunyai kemampuan dalam menyampaikan maksud dengan masuk akal dan terstruktur. 

Jadi, Sudah Siapkah Kamu Menjadi Seorang Pemimpin dengan Sikap Visioner?

Itulah segala hal yang perlu kamu pahami untuk bisa menjadi seorang pemimpin dengan sikap visioner. Pada kenyataannya, jiwa kepemimpinan merupakan keunggulan yang melibatkan orang maupun sekelompok anggota guna melangkah sesuai dengan arahan, sasaran, dan tujuan yang sudah disepakati bersama. 

Dengan sikap visioner, seorang pemimpin tentu lebih mudah untuk menentukan langkah selanjutnya yang lebih tepat serta mampu memberi keuntungan lebih optimal dalam meraih tujuan perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya. Jadi, jika ingin memiliki sikap tersebut, pastikan untuk menerapkan cara yang telah dijelaskan di atas dan evaluasi apakah ciri-cirinya sudah terbentuk dalam pribadimu. 

Baca Juga: Selalu Berpikir Positif demi Karier yang Sukses dengan Tips Berikut

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement