Rabu 10 Nov 2021 16:02 WIB

PKS: Permendikbudristek PPKS Bertentangan dengan Pancasila

PKS menyarankan Mendikbudristek melakukan kajian mendalam sebelum menerbitkan aturan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus raharjo
Ketua Majelis Syuro PKS Salim Assegaf Aljufrie menyampaikan sambutan saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PKS 2019 di Hotel Grand Pancoran, Jakarta Kamis (14/11).
Foto: Republika
Ketua Majelis Syuro PKS Salim Assegaf Aljufrie menyampaikan sambutan saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PKS 2019 di Hotel Grand Pancoran, Jakarta Kamis (14/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Salim Segaf Aljufrie, mengaku prihatin atas diterbitkannya Permendikbudristek Nomor 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. Menurutnya seorang menteri hendaknya melakukan kajian secara mendalam sebelum menerbitkan aturan.

"Kadang-kadang pula, cover-nya itu indah. Seperti Permendikbudristek. Jadi, judulnya memang bagus tentang pencegahan penanganan kekerasan sensual di perguruan tinggi, bagus judulnya. Coba baca isinya," kata Salim di acara dialog kebangsaan, di Kantor DPP PKS, Rabu (10/11).

Baca Juga

Dirinya menyoroti pengertian kekerasan seksual sebagaimana diatur Pasal 5 ayat (2) huruf L dan M dalam Permendikbudristek Nomor 30 tahun 2021 yang memuat frasa tanpa persetujuan korban. Seharusnya kekerasan seksual tidak tergantung disitu.

"Tercantum pengertian tentang kekerasan seksual yang dibatasi, yaitu tanpa persetujuan korban. Artinya, jika ada persetujuan atau suka sama suka maka tidak tergantung disitu, tidak dimasukkan ke dalam kekerasan seksual ini," ujarnya.

"Ini sesuatu Permen yang bertentangan dengan Pancasila, Norma agama, budaya. Kalau ini yang terjadi sesuatu yang membuat kita prihatin," imbuhnya.

Ia mengapresiasi langkah sejumlah ormas dan tokoh masyarakat yang telah menentang permendikbudristek. "Tujuan pendidikan kita ini kaitan dengan masalah yang mendasar, masalah agama, masalah iman, dan taqwa itu sendiri. Jadi penting, penting, dan penting," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement