Kamis 11 Nov 2021 18:57 WIB

8 Tanda Sederhana Taubatnya Seseorang Diterima Allah SWT 

Allah SWT berjanji terima taubat hamba selama dia bersungguh-sungguh

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT berjanji terima taubat hamba selama dia bersungguh-sungguh. Bertaubat. Ilustrasi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Allah SWT berjanji terima taubat hamba selama dia bersungguh-sungguh. Bertaubat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT menjanjikan ampunan atas dosa-dosa hamba-Nya yang dilakukan di sepanjang hidup. 

Sifat Allah SWT yang Mahapengampun dan Mahapengasih memberikan harapan bagi makhluk-Nya untuk bertaubat dari kesalahan. Allah SWT berfirman dalam Alquran: 

Baca Juga

وَمَن يَعْمَلْ سُوٓءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُۥ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ ٱللَّهَ يَجِدِ ٱللَّهَ غَفُورًا رَّحِيمًا 

Artinya: “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Mahapengampun lagi Mahapenyayang.” (QS An Nisa 110). 

Bahkan diterimanya taubat seseorang dapat terlihat dari beberapa faktor. Berikut beberapa tanda diterimanya taubat seseorang seperti dilansir dari Elbalad: 

1. Menjauhkan diri dari kesalahan yang sama

Seseorang yang taubatnya diterima akan mencintai ketaatannya. Dia juga akan menjauhi kemaksiatannya dan dari sebab-sebab kemaksiatan 

2. Bergaul dengan orang baik

Tanda lain dari diterimanya taubat seseorang adalah ketika orang tersebut mendekatkan diri dengan orang-orang yang soleh. Dia akan menjauhi orang-orang ahli maksiat karena takut terbawa kepada kesalahan yang sama  

3. Menyesal mengingat maksiat 

Hamba yang bertaubat itu akan merasa menyesal setiap kali mengingat kemaksiatannya. Orang tersebut akan lebih menemukan kedamaian dan ketenangan yang memenuhi hatinya karena telah menerima hidayah Tuhannya. 

4. Bersegera bertaubat 

Seorang hamba yang bertaubat kepada Tuhannya, maka Allah SWT akan menerimanya.  Allah SWT menyebut bahwa orang yang mendekatkan diri kepada-Nya sebanyak sejengkal, maka Allah SWT akan mendekati hamba itu lebih dari upaya hambanya tersebut 

5. Kondisinya akan lebih baik dari ketika melakukan dosa 

Kondisi lainnya yang menunjukkan tanda bahwa seorang hamba diterima taubatnya, maka hidupnya akan lebih baik dari kehidupan sebelumnya  

6. Membenci kemaksiatan 

Seorang yang taubatnya diterima juga akan lebih benci kepada kemaksiatan. Dia tidak suka kembali ke sana karena ketaatannya dan rasa sesal atas semua dosa-dosa. 

7. Cinta bersosialisasi dengan orang saleh 

Tanda lain yang menunjukkan bahwa taubat seseorang diterima adalah kecintaannya bergaul dengan orang soleh. Duduk dengan mereka seperti di majlis ilmu atau kesempatan lain. 

8. Hatinya lebih tenang 

Ketenangan hati akan menyertai orang-orang yang taubatnya diterima Allah SWT. Hal ini karena dia merasa lebih dekat dengan penciptanya. 

 

Sumber: elbalad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement