Kamis 11 Nov 2021 19:42 WIB

Cara Menyelamatkan Diri Saat Terjebak Kerusuhan Konser Musik

Pada konser musik Astroworld di Houston, AS, delapan penonton kehilangan nyawa.

Red: Qommarria Rostanti
Cara menyelamatkan diri saat terjebak di tengah kerusuhan saat konser musik (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Cara menyelamatkan diri saat terjebak di tengah kerusuhan saat konser musik (ilustrasi).

Oleh: Desy Susilawati

REPUBLIKA.CO.ID, Ada beberapa insiden tragis di konser musik dan acara lain dalam beberapa tahun terakhir, di mana orang meninggal karena kondisi kerumunan yang tidak aman dan terinjak-injak. Peristiwa terbaru terjadi di festival musik Astroworld di Houston, Amerika Serikat (AS), setidaknya delapan penonton tewas dan puluhan lainnya terluka selama pada akhir pekan lalu karena lonjakan penonton di konser musisi Travis Scott.

Baca Juga

Ini mungkin membuat beberapa orang berpikir tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk bertahan hidup dari desakan. Itu situasi menakutkan untuk berada di dalam dan keadaan mungkin membuat tidak mungkin untuk melarikan diri. 

Namun, para ahli keamanan kerumunan mengatakan ada beberapa strategi yang dapat membantu Anda menghindari dampak fatal dari kerusuhan dalam konser. Pertimbangkan enam langkah berikut ini jika Anda berada di tengah situasi tersebut: 

1. Siapkan rencana

"Kunci untuk tetap aman di tengah keramaian dimulai segera setelah Anda tiba di lokasi," kata konsultan keselamatan yang berbasis di Fort Lauderdale, Randy I Atlas, seperti dilansir di laman Market Watch, Kamis (11/11).

Dia menyarankan penonton memperhatikan di mana pintu keluar terdekat. Ini nasihat masuk akal bahwa Atlas berlaku tidak hanya di acara-acara besar, tetapi bahkan ketika memasuki hampir semua ruangan.

2. Ikuti arusnya

Jika tiba-tiba ada kepanikan dan kerumunan mulai mendorong ke arah tertentu, insting Anda mungkin akan melawan dan mendorong ke arah yang berlawanan, tapi itu bisa menjadi kesalahan besar. Jika melawan arus, Anda meningkatkan peluang Anda untuk tersandung dan terjatuh. Risiko lain, menurut para ahli, yaitu jika melawan kerumunan, maka Anda akan cepat lelah dalam situasi di mana Anda membutuhkan semua energi yang dapat Anda kumpulkan.

3. Arahkan jalan keluar Anda

"Saat Anda bergerak maju dengan kerumunan, yang terbaik adalah bergerak ke arah diagonal sehingga Anda berpotensi keluar dari situasi tersebut," kata para ahli. Tujuannya, menurut penulis Patrick Hutchison, untuk mencapai ujung injak di mana kecil kemungkinan Anda akan terjebak di choke point seperti ambang pintu.

4. Temukan tempat untuk melindungi diri sendiri

Cara potensial lain menangani situasi ini adalah melindungi diri Anda dan membiarkan orang banyak melewati Anda. "Carilah struktur yang kokoh untuk berdiri di belakang seperti pilar atau dinding,” kata Bart Whitaker, tempat veteran dan profesional manajemen acara. Tempat lain untuk merunduk di belakang mobil atau bahkan tiang lampu.

5. Beri diri Anda ruang bernapas

Dalam banyak peristiwa terinjak-injak, orang mati karena sesak napas, karena mereka "diremukkan" sampai tidak bisa bernapas. Dilansir di laman NPR, Rabu (10/11), kekurangan oksigen adalah "pembunuh" di keramaian. Jadi pertahankan ruang di sekitar dada Anda

Saat berada di keramaian, orang-orang saling berhimpitan sehingga paru-paru Anda tidak memiliki cukup ruang melakukan tugasnya (membuat Anda tetap bernapas). Cara yang mungkin untuk menghindari ini  dengan meletakkan tangan di depan Anda, hampir dalam posisi seperti petinju. Itu bisa memberi Anda ruang bernapas yang sangat berharga. 

"Ini pose sederhana, tetapi sangat efektif dan mungkin menyelamatkan nyawa," kata Matt Gutman dari ABC News dalam laporannya pada 2019.

6. Tetap berdiri dan jangan meletakkan tas di lantai

Tetap mempertahan posisi berdiri sangat penting. Sebab, jika Anda jatuh, akan sangat sulit untuk berdiri lagi karena terlalu banyak orang.

Tidak meletakkan tas di lantai dapat membantu orang lain karena jika Anda jatuh, Anda akan menjadi penghalang bagi orang di dekat Anda yang kemungkinan besar pada gilirannya juga akan jatuh (mungkin menimpa tubuh Anda) dan ini akan menciptakan reaksi berantai. Ini benar-benar berbahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement