Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

2 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Hal-Hal Jorok yang Dilakukan Artis Dunia untuk Akting

Kamis 11 Nov 2021 14:22 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Beberapa aktor dan aktris yang rela melakukan adegan kotor demi perannya di film, salah satunya Leonardo DiCaprio (ilustrasi).

Beberapa aktor dan aktris yang rela melakukan adegan kotor demi perannya di film, salah satunya Leonardo DiCaprio (ilustrasi).

Foto: EPA
Ada yang tidak mandi selama 10 hari, hingga makan kecoa dan cacing.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES — Bintang-bintang Hollywood terkadang bekerja lebih dari sekadar melafalkan skenario. Banyak yang berdedikasi untuk membangun keaslian persona di layar. Untuk masuk ke karakter, bintang seperti itu membenamkan diri untuk benar-benar menjadi orang yang mereka mainkan.

Dilansir di Looper pada Kamis (11/11), beberapa aktor terkadang melakukan tindakan ekstrem di depan kamera untuk menampilkan bagian mereka secara kredibel. Mereka memanifestasikan dirinya dalam tindakan menjijikkan dan mengerikan yang akan membuat sebagian besar dari penonton mual memikirkannya.

Baca Juga

Berikut beberapa hal kotor yang dilakukan aktor untuk menghidupkan peran: 

1. Halle Berry tidak mandi untuk film Jungle Fever.

photo
Aktris Halle Berry - (EPA)
 

Film ini menampilkan adegan mengesankan yang meminta Samuel L Jackson dan Berry untuk bertengkar bolak-balik. Bagi Berry, yang berasal dari dunia modeling, itu adalah peran yang tidak terduga, dan dia bekerja keras untuk mendapatkannya. 

Untuk mempersiapkan bagian itu, dia menghabiskan beberapa pekan tidak mandi. Sebagian besar laporan mengeklaim dia tidak mandi selama dua pekan  dan beberapa kabar berspekulasi dia menghindari sabun dan air selama dua bulan. Pada 2012, Berry si pemenang Oscar membenarkan kabar itu. "Itu benar. Tanya Sam Jackson, dia harus mencium baunya terus-menerus,” kata Berry menjelaskan dia tak mandi selama 10 hari.

2. Nicolas Cage makan kecoa hidup untuk film Vampire's Kiss.

photo
Nicolas Cage - (Wikimedia)
 

Satu dekade sebelum band metal kultus Acid Bath merilis "Cassie Eats Cockroaches”, aktor Nicolas Cage benar-benar melakukannya.  Dia berperan sebagai Peter Loew, seorang agen sastra yang menderita delusi paranoid dalam film horor-komedi tahun 1988, Vampire's Kiss.

Cage adalah bintang Hollywood yang sedang naik daun pada saat itu. Dia dikenal karena berani mengambil risiko dan unik. 

Film ini juga menawarkan kepada pemirsa kesempatan menyaksikan aktor itu melakukan beberapa hal tidak biasa, mulai dari jatuh dari tangga, hingga mengobrak-abrik ruangan, meneriakkan alfabet secara keseluruhan, melompat ke atas meja, mengejar merpati, dan menuangkan yoghurt panas ke tubuhnya. Untuk secara meyakinkan menggambarkan penurunan spiral Loew ke dalam kegilaan, Cage membuat kebiasaan menawarkan untuk melakukan lebih dari apa yang diminta darinya. 

“(Nicolas Cage) berkata kepada saya, 'Hal yang paling saya benci di dunia adalah kecoa, jadi biarkan saya makan kecoa.' Saya pikir, 'Ini luar biasa’,” ujar sang sutradara, Robert Bierman.

3. Rosamund Pike menyembelih bangkai babi di film Gone Girl.

photo
Rosamund Pike. - (EPA-EFE/VICKIE FLORES)
 

Aktris Rosamund Pike diharuskan untuk mengiris leher aktor Neil Patrick Harris (yang memerankan Desi), itu adalah adegan kunci film ini. Dia memegang bangkai babi dan berpura-pura membunuhnya. “Saya benar-benar pergi ke tukang daging dan bertanya apakah mereka tidak keberatan saya menggunakan pemotong kotak pada bangkai babi, hanya untuk memahami seperti apa rasanya,” kata Pike.

4. Matt Damon mengarungi sampah untuk film Elysium.

photo
Aktor Matt Damon. (AP)
 

Bukan Matt Damon jika tidak berdedikasi ketika mengambil peran Max DeCosta, seorang pekerja kerah biru dalam versi masa depan distopia Los Angeles, Elysium, yang dirilis pada 2012. Produser menggunakan tempat pembuangan sampah di Mexico City sebagai stand

"Helikopter akan datang dan kami akan menjadi hitam karena debu. Neil akan datang dengan maskernya dan berkata, 'Saya berjanji, fotografinya tampak hebat’,” ujar Damon.

5. Jonathan Frakes makan cacing hidup untuk “Star Trek”.

photo
Jonathan Frakes (paling kanan). - (EPA/MARCEL HEMELRIJK)
 

“Star Trek” selalu menampilkan alien. Beberapa telah digambarkan makanan lezat antargalaksi, dari cumi-cumi biru hingga lainnya. Para aktor benar-benar menyantap makanan Bumi biasa yang diwarnai agar terlihat seperti makanan alien  aneh. 

Pada lain waktu, itu sebenarnya bukan makanan sama sekali, melainkan sesuatu yang jauh lebih buruk. Seperti yang terjadi dalam episode “Star Trek: The Next Generation” episode “Conspiracy” (musim satu, episode 25). Beberapa petugas menikmati bentuk alien baru mereka dan memakan masakan aneh, semangkuk cacing hidup. Meskipun beberapa penggemar awalnya bersikeras bahwa para aktor difilmkan sedang makan chow mein atau bentuk makanan asli lainnya, nyatanya mereka benar-benar memakan cacing hidup. 

“Saya suka gach, dan saya pernah makan cacing hidup di episode ‘Star Trek’,” kata Frakes.

6. Leonardo DiCaprio tidur di bangkai hewan untuk film The Revenant.

photo
Leonardo DiCaprio - ( REUTERS/Toby Melville)
 

Syuting untuk epik hutan belantara Alejandro Inarritu 2015 The Revenant terkenal sulit. Beberapa anggota kru menyebutnya sebagai pengalaman terburuk dalam karier mereka, salah satu pemeran yang tidak mengeluh adalah Leonardo DiCaprio. Untuk masuk ke dalam karakter dan memberikan penampilannya yang menyayat hati, DiCaprio melakukan tindakan ekstrem seperti tidur di bangkai hewan dan makan hati bison mentah. 

"Entah itu masuk dan keluar dari sungai beku atau tidur di bangkai hewan, atau apa yang saya makan di lokasi syuting. (Saya) menahan dingin yang membekukan dan kemungkinan hipotermia terus-menerus," ujar DiCaprio.

7. John Leguizamo makan piza dengan belatung hidup untuk film Spawn.

photo
John Leguizamo. - (EPA/PETER FOLEY)
 

Berdasarkan buku komik sukses besar oleh Todd McFarlane, Spawn 1997 terkenal karena nadanya yang berlebihan, terkadang konyol. Dalam satu adegan, karakter Leguizamo makan piza yang ditutupi dengan belatung hidup. "Ya, saya memang makan belatung di Spawn, tapi hanya menelan beberapa,” kata Leguizamo.

8. Shia LaBeouf mencabut gigi untuk Fury.

photo
Shia LaBeouf - (EPA)
 

Shia LaBeouf mendapatkan reputasi sebagai aktor Hollywood yang eksentrik. Dia mendapat pujian karena kemampuannya memberikan pertunjukan yang kompleks. 

Komitmen terhadap peran ini diuji dalam film Fury Perang Dunia II tahun 2014. LaBeouf mengambil bagian dalam beberapa minggu kamp pelatihan militer bersama sekelompok Navy Seals. LaBeouf, yang berperan sebagai pengemudi tank dalam film tersebut, menghadirkan kinerja luar biasa, misalnya mencabut salah satu giginya. LaBeouf bersikeras bahwa dia melakukannya karena ingin menambah kedalaman karakter.

9. Christian Bale makan belatung hidup untuk Rescue Dawn.

photo
Christian Bale - (Apega/WENN via aceshowbis)
 

Untuk drama perang Vietnam Werner Herzog Rescue Dawn, Bale mengambil peran pahlawan perang kehidupan nyata dan pilot Angkatan Laut AS, Dieter Dengler. Bale berkomitmen penuh untuk mewujudkan bagian dari sandera Pathet Lao yang telah lama menderita. Film ini menggambarkan perjuangan Dengler bertahan dalam hidup. Bale menantang dirinya sendiri baik secara fisik maupun mental selama syuting. 

Kesulitan-kesulitan ini termasuk bergulat dengan ular sungguhan, kehilangan lebih dari 27 kilogram, dan disiksa secara fisik sebagai bagian dari beberapa adegan penyiksaan. Mungkin yang paling memuakkan, Bale memakan belatung hidup dalam upaya untuk menggambarkan kedalaman keputusasaan yang telah dicapai karakter kehidupan nyatanya selama dipenjara. "Oh, ya, itu adalah belatung asli. Mereka sangat nyata. Saya tidak keberatan memakan belatung itu,” ujar Bale.

10. Tony Todd disengat lebah demi film Candyman.

photo
Tony Todd. - (Universal Pictures)
 

Aktor veteran Tony Todd telah memiliki beberapa peran pendukung ikonik selama bertahun-tahun, seperti Candyman. Waralaba menggambarkan aktor itu pernah disengat segerombolan lebah untuk Candyman. Perlu diingat bahwa di awal 1990-an, CGI adalah pilihan yang mahal dan jarang digunakan untuk film horor.

Akibatnya, kawanan lebah asli digunakan di lokasi syuting, dan aktor Tony Todd mengalami lebih dari 20 sengatan lebah selama syuting. "Saya menegosiasikan bonus 1.000 dolar AS (sekitar Rp 14 juta) untuk setiap sengatan selama adegan lebah," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile