Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Rossi Pamit dari MotoGP di GP Valencia Akhir Pekan Ini

Kamis 11 Nov 2021 23:34 WIB

Red: Israr Itah

Valentino Rossi akan mengakhiri kariernya di MotoGP dengan balapan terakhir di GP Valencia, akhir pekan ini.

Valentino Rossi akan mengakhiri kariernya di MotoGP dengan balapan terakhir di GP Valencia, akhir pekan ini.

Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Rossi mengklaim titel juara dunia pertamanya pada 1997.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu lagi ikon olahraga dunia menuju masa pensiun setelah akhir pekan ini. Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi akan berada di grid MotoGP untuk terakhir kalinya. Sang pembalap karismatik asal Italia, kini berusia 42 tahun, akan undur diri dari dunia balap motor paling bergengsi di dunia itu sebagai salah satu atlet terbesar di sejarah olahraga setelah 30 tahun berkarier.

Grand Prix Valencia akhir pekan ini akan menjadi balapan MotoGP terakhir bagi Rossi. "Meskipun ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP saya merasa normal dan saya rasa itu tidak apa-apa," kata Rossi dikutip laman resmi SRT. "Mungkin hari-hari setelah akhir pekan ini akan terasa berbeda tahun ini. Saya harap saya akan memiliki kesempatan mengatakan 'ciao' kepada fan saya dengan cara yang baik dan mengucapkan terima kasih atas dukungan kalian."

Baca Juga

Dilansir AFP, Rossi mengklaim titel juara dunia pertamanya pada 1997, satu tahun setelah menjalani debut kelas 125cc, diikuti dengan gelar kelas 250cc pada 1999. Setelah naik kasta ke kelas primer, Rossi menjadi runner-up pada musim pertamanya pada 2000 sebelum merebut titel juara dunia terakhir dalam format kelas 500cc satu tahun berselang bersama Honda. Dia kemudian menambah koleksi trofi juara MotoGP pada 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009, dua titel pertama diraih bersama Honda, sedangkan sisanya bersama Yamaha.

Pembalap berjuluk The Doctor itu telah mengantongi 115 kemenangan Grand Prix termasuk rekor 89 kemenangan di MotoGP, 235 podium (199 di kelas prime), yang juga merupakan rekor. Ia juga mengukir catatan karier terlama bagi seorang pembalap di kelas primer.

Pada usianya yang berkepala empat, Rossi bertarung dengan para pembalap yang berumur separuh dari usianya dan keberuntungan rider Italia ini semakin pudar beberapa tahun belakangan. Pada 2021, dia pindah dari tim pabrikan Yamaha untuk bergabung dengan tim satelit SRT bertukar bangku dengan Fabio Quartararo.

Pembalap Prancis itu mengunci gelar juara dunia musim ini di trek dekat rumah Rossi, Misano, bulan lalu. Sementara Rossi terakhir kali mengecap manisnya podium teratas ketika tampil di Assen, Belanda pada 2017. Sedangkan pole position terakhirnya ia dapat pada 2018 di Italia. 

Pembalap bernomor 46 itu melakukan selebrasi podium terakhirnya pada tahun lalu setelah finis ketiga di GP Andalusia. Musim 2020 menyaksikan Rossi finis peringkat ke-15 di klasemen pembalap, hasil yang mengejutkan bagi sosok yang sebelumnya tak pernah finis di luar sepuluh besar sejak debutnya pada 1996. 

Rossi akan menjalani balapan finalnya berstatus pembalap peringkat 20 di klasemen.

Baca juga : Jokowi Siap Turun dengan Motor Balapnya di Sirkuit Mandalika

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile