Senin 15 Nov 2021 14:09 WIB

Prabowo Tegur Fadli Zon karena Menyindir Jokowi

Gerindra mengatakan Prabowo berikan teguran lisan pada Fadli Zon karena kritik Jokowi

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman
Foto: Republika
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sudah memberikan teguran langsung kepada Fadli Zon ihwal cuitannya yang menyinggung Presiden Joko Widodo. Teguran dari Prabowo disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

"Pak Prabowo ada memberikan teguran secara lisan melalui Pak Sekjen. Jadi karena itu setelah beberapa hari agak gaduh di media, baik media sosial dan media mainstream, tentu kami perlu menanggapi dan meluruskan," ujar Habiburokhman di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (15/11).

Baca Juga

Ia menegaskan, cuitan Fadli merupakan pendapat pribadinya. Bukan mewakili fraksi atau Partai Gerindra yang merupakan bagian dari koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kami sampaikan itu tidak cerminkan fraksi atau komisi, itu udah kami luruskan," ujar Habiburokhman.

Selain Fadli, DPP Partai Gerindra disebutnya juga sering menegur kadernya yang merupakan anggota DPR. Sebab dalam menjalankan fungsi pengawasan, legislator kerap mengeluarkan pernyataan tajam kepada pemerintah.

"Jadi di situ kesimpulannya bukan benar atau salah, tapi pas atau tidak pas. Kita ingin semua berjalan dengan lancar dan tidak ada yg istimewa dari persoalan ini," ujar Habiburokhman.

Cuitan Fadli, kata Habiburokhman, juga tak mengganggu hubungan Partai Gerindra dengan partai-partai koalisi pemerintahan. Termasuk dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menyinggung langsung cuitan Fadli.

"Kami sebagai teman, rekan satu koalisi terbiasa ada dinamika dan saling ingatkan dan evaluasi kalau ada yang tidak pas," ujar anggota Komisi III DPR itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Fadli Zon menanggapi peresmian Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara, yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia kemudian menyinggung banjir yang terjadi di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

"Luar biasa Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sudah 3 minggu banjir belum surut," cuit Fadli lewat akun Twitter pribadinya yang sudah dikonfirmasi, Sabtu (13/11).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menanggapi cuitan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Fadli Zon yang menyinggung Presiden Joko Widodo. Menurutnya, mantan Wakil Ketua DPR itu hanya bisa mengkritik saja.

Baca juga : Jokowi Diprediksi Netral, Pemilihnya ke Prabowo?

"Dengan sikap Fadli Zon yang hanya bisa mengkritik tanpa karya nyata bagi rakyat," ujar Hasto lewat keterangannya, Sabtu (13/11).

Ia menjelaskan, Jokowi sudah memberi arahan kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk segera merespon bencana banjir di Sintang, Kalimantan Barat. Fraksi PDIP juga sudah memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

"Demikian pula Lazarus Ketua DPD PDI Perjuangan dan sekaligus Ketua Komisi V DPR RI sudah terjun langsung membantu rakyat. Sementara Pak Fadli Zon hanya memberikan kritik tanpa perbuatan nyata," ujar Hasto.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement