Selasa 16 Nov 2021 05:51 WIB

Bolehkah Menjamak Sholat karena Hujan?

Menjamak sholat dipebolehkan bagi yang dalam perjalanan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Bolehkah Menjamak Sholat Karena Hujan?. Foto:  Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bolehkah Menjamak Sholat Karena Hujan?. Foto: Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Menjamak sholat—baik taqdim maupun takhir—diperbolehkan bagi para musafir (orang-orang yang melakukan perjalanan). Lantas bolehkah menjamak sholat hanya karena terkendala hujan?

Imam Syafii dalam kitab Fikih Manhaji menjelaskan, menjamak sholat secara taqdim jika terjadinya hujan hukumnya boleh. Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Nabi SAW sholat dengan menjamak Zuhur dan Ashar, serta Maghrib dengan Isya selama tujuh dan delapan hari.

Baca Juga

Imam Muslim menambahkan; bukan dalam situasi terancam atau dalam perjalanan. Imam Bukhari menyitir. Ayyub salah seorang perawi berujar, “Barangkali itu dilakukan pada malam turun hujan,”. ‘Barangkali’ katanya.

Di dalam Shahih Muslim disebutkan bahwa Ibnu Abbas berkata, “Beliau (Nabi SAW) tidak ingin merepotkan seorang pun dari umatnya,”.

Dalam hal ini, menjamak sholat tidak boleh dilakukan pada waktu shalat yang kedua karena bisa jadi hujan berhenti. Jika itu terjadi, shalat yang pertama dilakukan di luar waktu tanpa alasan.

Untuk pelaksanaannya disyaratkan beberapa hal berikut:

Pertama, sholat jamaah didirikan di masjid yang jauh menurut ukuran normal. Tempat tersebut tidak mungkin dicapai karena hujan.

Kedua, hujan berlangsung hingga shalat pertama selesai, waktu salam.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ
Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.

(QS. Ali 'Imran ayat 159)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement