Selasa 16 Nov 2021 01:32 WIB

Intensitas Olahraga yang Tepat Dapat Tingkatkan Sistem Imun

Olahraga untuk tujuan kesehatan dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Red: Dwi Murdaningsih
Olahraga di rumah (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Olahraga di rumah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga memiliki kaitan yang erat terhadap peningkatan sistem imun jika dilakukan untuk tujuan kesehatan dengan intensitas yang tepat. Spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) mengatakan yang membedakan antara olahraga untuk kesehatan dengan olahraga untuk tujuan lain, misalnya membesarkan badan, adalah intensitasnya.

Olahraga yang dilakukan dengan tujuan selain kesehatan memiliki intensitas yang berat dan akan membuat seseorang memaksakan dirinya untuk berlatih hingga merasa lelah, pegal, sakit, dan berkeringat sebanyak-banyaknya. Padahal, menurut Michael, hal tersebut justru dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Baca Juga

"Contohnya, dengan berkeringat terlalu banyak maka dia jadi dehidrasi. Itu kan tidak sehat, imunitas tubuhnya bisa turun, dia tidak bisa fokus, hilang keseimbangan," kata Michael.

Sayangnya, lanjut dia, masyarakat Indonesia saat ini masih berpikir bahwa olahraga yang sehat adalah olahraga yang paling berat. Menurut Michael, hal tersebut terjadi karena maraknya iklan atau kampanye olahraga yang menampilkan atlet. Padahal, jelas bahwa olahraga yang dilakukan atlet bukan untuk tujuan kesehatan, melainkan kompetisi.