Senin 15 Nov 2021 22:10 WIB

Tiga Negara yang Berpotensi Pimpin Dunia Islam

Muslim Indonesia memiliki kekhasan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Tiga Negara yang Berpotensi Pimpin Dunia Islam. Foto:  iLUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Tiga Negara yang Berpotensi Pimpin Dunia Islam. Foto: iLUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Spanyol, Muhammad Najib, menyampaikan bahwa ada tiga negara yang berpotensi memimpin dunia Islam menurut para ilmuwan dan pengamat. Di antaranya Indonesia, Turki dan Iran.

"Saya banyak sekali mendengar baik dari ilmuwan atau pengamat dunia Islam yang berasal dari dunia Islam sendiri maupun yang berasal dari barat, mereka tidak melihat bendera Islam bisa dikibarkan oleh bangsa Arab saat ini, paling tidak sampai pada waktu dekat mendatang," kata Najib saat menjadi narasumber Seminar Nasional Moderasi Indonesia Untuk Dunia bertema "Peran Strategis Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam Mendukung Kepemimpinan Indonesia di Tingkat Global" pada Senin (15/11).

Baca Juga

Menurutnya, para ilmuwan dan pengamat melihat yang berpotensi untuk memimpin dunia Islam adalah negara-negara non Arab. Ada tiga negara yang disebutkan, di antaranya Turki, Iran dan Indonesia.

Akan tetapi, dia menjelaskan, Turki dan Iran terlalu banyak menggunakan hard power atau sering menggunakan senjata untuk menyelesaikan masalah. Mungkin ini tidak terhindarkan karena mereka berada di kawasan yang panas, sehingga mereka banyak memiliki musuh.