Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

14 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

LPEI Biayai Pembangunan KEK Mandalika 

Selasa 16 Nov 2021 07:13 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha

Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021).

Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021).

Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Pembiayaan menggunakan skema penugasan khusus ekspor untuk Mandalika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia akan menggelar ajang World Superbike Championship (WSBK) 2021 di Pertamina Mandalika Street Circuit pada akhir pekan ini. Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah WSBK tak terlepas dari kontribusi sejumlah lembaga dalam membantu pembangunan KEK Mandalika. 

Direktur Utama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) D James Rompas mengatakan, LPEI yang mengemban mandat untuk meningkatkan devisa negara, ikut serta dalam pembiayaan pembangunan KEK Mandalika, khususnya di area kawasan sirkuit. Menurut dia, LPEI telah memberikan pembiayaan pembangunan fasilitas perhotelan di area kawasan sirkuit, pembangunan infrastruktur dasar di dalam arena sirkuit, serta pembangunan dan penataan kawasan area bazar yang dapat menampung produk-produk UMKM setempat. 

“LPEI bangga dan bersyukur dapat berpartisipasi dalam pengembangan kawasan Mandalika, terutama di arena sirkuit. Sejak awal, kami berkomitmen menyukseskan pengembangan kawasan ini dari berbagai sisi, terutama yang mampu menghasilkan devisa bagi negara,” kata James dalam siaran pers kepada Republika.co.id, Selasa (16/11). 

James menjelaskan, LPEI memberikan pembiayaan kepada pengelola kawasan, yaitu PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Pembiayaan dilakukan dengan menggunakan skema National Interest Account (NIA)/Penugasan Khusus Ekspor (PKE) untuk mengembangkan kawasan Mandalika. 

Baca juga : Indonesia Uji Coba Vs Afghanistan demi Angkat Ranking FIFA

Ia mengatakan, komitmen pembiayaan LPEI dalam pembangunan dan pengembangan kawasan Mandalika juga diberikan dalam bentuk penjaminan kepada investor-investor yang akan menanamkan modalnya di kawasan tersebut.  Sebelumnya, ujar James, LPEI telah memberikan penjaminan kepada industri hotel, restoran, dan kafe untuk pelaku-pelaku usaha perhotelan di Bali.

Menurut dia, pembiayaan ini merupakan realisasi dari mandat yang diemban oleh LPEI sesuai UU Nomor 2 Tahun 2009 tentang LPEI. Dalam UU tersebut disebutkan, salah satu tugas dari lembaga ini adalah melakukan pembiayaan kepada pelaku usaha dalam negeri sehingga dapat menghasilkan devisa bagi negara. 

Seperti diketahui, Pertamina Mandalika Street Circuit telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 12 November lalu. Peresmian ini juga menandai penggunaan untuk pertama kalinya sirkuit kebanggaan nasional tersebut pada ajang WSBK. Gelaran tersebut juga menjadi kejuaraan otomotif Superbike Internasional pertama dalam sejarah yang berlangsung di Indonesia.

Baca juga : Warga Menonton dari Bukit Ajang IATC di Sirkuit Mandalika

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile