Selasa 16 Nov 2021 17:06 WIB

Skenario Jika Ingin Inggris Era Southgate Juara Piala Dunia

Southgate punya waktu tepat setahun mengevaluasi faktor-faktor kegagalan timnya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Inggris Gareth Southgate (kanan) menyapa penyerang Inggris Harry Kane saat Kane digantikan pada pertandingan sepak bola kualifikasi Grup I Piala Dunia 2022 antara San Marino dan Inggris di Stadion Olimpiade, di Serravalle, San Marino, Senin, 15 November 2021.
Foto: AP/Antonio Calanni
Pelatih Inggris Gareth Southgate (kanan) menyapa penyerang Inggris Harry Kane saat Kane digantikan pada pertandingan sepak bola kualifikasi Grup I Piala Dunia 2022 antara San Marino dan Inggris di Stadion Olimpiade, di Serravalle, San Marino, Senin, 15 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 dengan begitu menyakinkan. Hanya membutuhkan tambahan satu poin untuk lolos ke Qatar 2022 kala melakoni laga pamungkas penyisihan Grup I, tim besutan Gareth Southgate sukses melengkapi raihan poin maksimal dengan torehan kemenangan besar di laga tersebut.

Total 10 gol berhasil disarangkan Inggris kala melawat ke kandang San Marino, Selasa (16/11) dini hari WIB. Dengan berjarak 205 peringkat di ranking FIFA antara kedua tim, the Three Lions jelas diunggulan untuk bisa melewati adangan San Marino di laga tersebut.

Baca Juga

Apalagi, di pertemuan pertama antara kedua tim di penyisihan Grup I, Inggris mampu mencukur San Marino, 5-0. Terlepas dari level tim lawan yang dihadapi di laga pamungkas Grup I, kemenangan besar itu makin memupuk optimisme terhadap kiprah Harry Kane dkk di putaran final Piala Dunia 2022.

Tidak pernah sekalipun di sepanjang partisipasi di babak kualifikasi Piala Eropa ataupun Piala Dunia, Inggris bisa mengakhiri fase kualifikasi dengan total koleksi gol mencapai 39 gol, seperti yang diraih pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tidak hanya itu, runner-up Euro 2020 itu juga mengemas total 54 gol pada sepanjang 2021. Inggris akhirnya berhak tampil di putaran final Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup I dengan koleksi 26 poin, unggul enam poin atas Polandia, yang menelan kekalahan, 1-2, di laga pamungkas Grup I lainnya.

Keberhasilan melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 digenapi the Three Lions dengan catatan tidak pernah kalah dari 10 partai, dengan torehan delapan kemenangan dan dua hasil imbang. Ditahan imbang Polandia dan Hungaria, yang merupakan pesaing terberat di Grup I, menjadi satu-satunya catatan minor the Three Lions selama Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pasca-kekalahan via adu penalti dari timnas Italia di partai puncak Euro 2020, Inggris tercatat tidak pernah kalah di tujuh laga terakhir. Dengan keberhasilan melaju ke putaran final Piala Dunia 2022, Inggris melanjutkan tren positif di tiga turnamen terakhir yang diikutinya.

Setelah mengakhiri UEFA Nations League 2018/2019 di peringkat ketiga, the Three Lions menjadi tim terbaik keempat di Piala Dunia 2018 dan diikuti dengan keberhasilan melaju hingga partai final Euro 2020.

Rentetan catatan apik ini tidak terlepas dari modal besar yang dimiliki the Three Lions, setidaknya sejak ditangani Gareth Southgate. Mantan penggawa timnas Inggris itu merevolusi skuad Tinga Singa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement