Selasa 16 Nov 2021 18:21 WIB

Arab Saudi Beri Ulama Syiah Lebanon Kewarganegaraan  

Arab Saudi memberikan 27 cendekiawan Muslim kewarganegaraan

Rep: Kiki Sakinah/ Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Arab Saudi memberikan 27 cendekiawan Muslim kewarganegaraan. Bendera Arab Saudi
Foto: AP/Amr Nabil
Arab Saudi memberikan 27 cendekiawan Muslim kewarganegaraan. Bendera Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT – Pemerintah Arab Saudi baru-baru ini memberikan kewarganegaran kepada sejumlah ekspatriat dan tokoh asing di bawah surat keputusan baru yang dikeluarkan pekan lalu. 

Di antara mereka yang diberikan kewarganegaraan itu adalah seorang ulama Syiah terkemuka asal Lebanon  yang juga Sekretaris Jenderal Dewan Islam Arab di Lebanon , Mohammed al-Husseini. Keputusan Arab Saudi itu disambut baik oleh al-Husseini sendiri.

Baca Juga

"Memberikan kami kewarganegaraan Arab Saudi melalui perintah yang murah hati adalah kehormatan besar dan kebanggaan besar yang mewujudkan makna paling indah dari pengabdian, kesetiaan, dan kepemilikan," kata al-Husseini seperti dikutip oleh RT Arabic, dilansir di Al Arabiya, Selasa (16/11).

Al-Husseini mengatakan bahwa Arab Saudi maju dengan langkah besar dalam pembangunan yang beradab, berdasarkan Visi 2030 di bawah Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman. Hal itu mencakup pasokan berkelanjutan dari energi ilmiah dan intelektual, yang sejalan dengan keinginan Kerajaan untuk menegakkan kondisi kemanusiaan.

Ulama Syiah Lebanon  ini mengunggah cuitan di Twitter pada Senin, yang isinya menjanjikan kesetiaannya kepada Arab Saudi dan kepemimpinannya.

"Saya berjanji kepada Tuhan Yang Maha-Esa bahwa saya akan bekerja keras, jujur dan setia untuk melayani negara besar saya, Kerajaan Arab Saudi. Saya berhutang dengan cinta, kesetiaan, pembelaan, ketaatan dan kesetiaan kepada pemimpin bangsa, Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz, dan Yang Mulia, Putra Mahkota, Pangeran Mohammed bin Salman, semoga Tuhan Yang Maha-Esa mendukung mereka," demikian cuitan al-Husseini.

Cendekiawan Syiah Lebanon  ini dianggap sebagai salah satu tokoh agama moderat di Lebanon  yang sering menyerukan moderasi dan menekankan perlunya tidak mempolitisasi Syiah Lebanon dan menghubungkan mereka dengan partai politik.

Sebanyak 27 ulama muslim, dokter terkemuka dan akademisi Islam, menurut sebuah laporan di surat kabar Asharq Al-Awsat, telah menerima penghargaan berupa kewarganegaraan oleh Kerajaan Arab Saudi. Perintah ini dikeluarkan oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman. 

Dilansir dari Saudi Gazette, Senin (15/11), pemberian kewarganegaraan itu sebagai pengakuan atas jasa dan kontribusi luar biasa mereka di semua lapisan masyarakat, utama melalui dedikasi selama puluhan tahun dan upaya tanpa henti yang membuat mereka memenuhi syarat untuk mencapai status terhormat dalam masyarakat Arab Saudi.      

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَسْتَحْيٖٓ اَنْ يَّضْرِبَ مَثَلًا مَّا بَعُوْضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۗ فَاَمَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا فَيَعْلَمُوْنَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۚ وَاَمَّا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَيَقُوْلُوْنَ مَاذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِهٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهٖ كَثِيْرًا وَّيَهْدِيْ بِهٖ كَثِيْرًا ۗ وَمَا يُضِلُّ بِهٖٓ اِلَّا الْفٰسِقِيْنَۙ
Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka tahu bahwa itu kebenaran dari Tuhan. Tetapi mereka yang kafir berkata, “Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?” Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang dibiarkan-Nya sesat, dan dengan itu banyak (pula) orang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu selain orang-orang fasik,

(QS. Al-Baqarah ayat 26)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement