Selasa 16 Nov 2021 20:02 WIB

Ronaldo Pede Portugal Tetap Lolos ke Piala Dunia 2022

Portugal dikalahkan Serbia 1-2 hingga harus memburu tiket Piala Dunia lewat play-off.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
Kapten Portugal Cristiano Ronaldo menyatakan tekadnya Portugal akan lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.
Foto: EPA-EFE/MARIO CRUZ
Kapten Portugal Cristiano Ronaldo menyatakan tekadnya Portugal akan lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Portugal tampak sudah siap mengamankan tiket Piala Dunia 2022 Qatar di Lisbon akhir pekan lalu ketika melawan Serbia dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Namun gol di menit akhir Aleksandar Mitrovic membuyarkan rencana Portugal. 

Justru Serbia yang menduduki puncak klasemen dan lolos langsung ke Piala Dunia berkat kemenangan 2-1. Hasil tersebut membuat pelatih Fernando Santos dikritik keras. Kualitas skuad dan posisi sulit Portugal menuju Piala Dunia jadi sorotan.

Baca Juga

Mereka kini harus berjuang melalui babak play-off untuk mendapatkan tiket ke Qatar. Ada 12 tim yang akan bersaing memperebutkan tiga tiket tersisa.

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo pun berupaya menjaga mentalitas timnya agar tetap kondusif menuju play-off. Ia mengisyaratkan jalan sulit menuju Qatar bisa jadi cara untuk mereguk kesuksesan.

"Sepak bola telah menunjukkan kepada kita berkali-kali bahwa terkadang jalannya lebih menyiksa tetapi mendorong kita ke hasil yang lebih diinginkan," kata Cristiano Ronaldo ewat unggahan Istagram-nya, dilansir dari Marca, Selasa (16/11).

Ia mengatakan kekalahan dari Serbia sangat sulit bagi Portugal. Namun Ronaldo masih punya keyakinan timnya punya harapan lolos ke Piala Dunia 2022. Penyerang Manchester United tersebut menegaskan target timnya lolos ke Qatar dan akan melakukan segalanya untuk mewujudkan itu.

"Tidak ada alasan, Portugal akan pergi ke Qatar," ujarnya.

Di babak play-off, Portugal akan berjuang bersama Rusia, Swedia, dan Makedonia Utara. Italia juga harus berlaga di play-off dua babak tersebut. Masih ada satu di antara Belanda, Turki, atau Norwegia yang akan tampil di play-off, tergantung hasil Rabu (17/11) dini hari WIB.

Ronaldo punya mengalaman mengamankan tiket Piala Dunia dari play-off pada 2014. Ketika itu, Ronaldo mencetak hattrick melawan Swedia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement