Rabu 17 Nov 2021 09:16 WIB

Pentingnya Orang Tua Asah Keterampilan Mendidik Anak

Orang tua sebaiknya tidak bisa begitu saja mendidik anak berdasarkan pengalaman.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Membaca buku yang dilakukan orang tua dan anak bisa membantu mengurangi stres selama pandemi Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Membaca buku yang dilakukan orang tua dan anak bisa membantu mengurangi stres selama pandemi Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendidik anak pada saat ini butuh pendekatan yang lebih metodologis. Apalagi dengan adanya serbuan media sosial yang begitu gencar dan ditambah keterbukaan informasi. Orang tua tidak bisa begitu saja mendidik anak berdasarkan pengalaman, butuh landasan teori yang cukup serta latihan terus menerus.

Mencermati fenomena di atas, NICE Indonesia menggelar program Parents Schools yang diperuntukkan kepada orang tua siswa. Program Parents Shools adalah pengembangan kapasitas yang ditargetkan untuk para orang tua murid.

Baca Juga

"Program ini diinisiasi dan didanai oleh NAMA Foundation serta diimplementasi oleh NICE indonesia yang diperuntukkan bagi 24 sekolah target program di Indonesia," kata CEO NICE Indonesia Dasril Guntara dalam keterangan pers yang diterima republika.co.id, Rabu (17/11).

Kegiatan ini dilakukan secara bersama di tiga negara yaitu; Indonesia, Kyrgyzstan dan Tanzania. Pada pelatihan program Parents Schools kali ini, para orang tua murid diberikan tiga bekal materi yang meliputi: Why Children Need Love and Care, How to Understand My Child, dan How To Negotiate My Child.

Dalam materi tersebut diajarkan bagaimana pola pengasuhan yang berdampak maksimal bagi pengembangan anak.

"Tujuan program meningkatkan  kesejahteraan anak-anak dengan meningkatkan keterampilan orang tua dalam praktek pengasuhan yang positif," ujar Dasril.

Dasril menyebut sebanyak 330 orang tua siswa mengikuti program Parents Schools yang digelar 22 Oktober-14 November. Program ini terbagi dalam empat gelombang. 

"Para orang tua antusias, mereka aktif bertanya dan saya yakin akan mempraktekkan pola pengasuhan yang baik," ucap Dasril.

Sementara itu, salah seorang peserta dari Sekolah Islam Sinar Cendekia, Widuri mengapresiasi tim dari NICE Indonesia, karena sudah diberi kesempatan untuk belajar menjadi orang tua yang lebih hangat, bijaksana dan mengerti anak.

"Kami senang mengikuti acara ini jadi paham bagaimana mendidik anak lebih baik lagi," sebut Widuri.

Tercatat, sekolah yang menerima manfaat dari program Parents Schools pada tahun ini ada sebanyak 12 sekolah yaitu; SIT Latansa Cendikia, SMPIT Cordova, SMP Muhammadiyah 33 Jakarta, Sekolah Islam Sinar Cendikia, SMP Alam Indonesia, SMP Islam Al Syukro Universal, SMPIT Nurul Fikri Boarding School Bogor, SMP SMART Ekselensia, Sekolah Alam Quran (SAlam Qu) Cendikia, SMP Darul Quran Mulia, Pesantren Putri IGBS Darul Marhamah dan SMPIT Kaifa Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement