Rabu 17 Nov 2021 15:25 WIB

Kasepuhan Cirebon Bentuk Badan Pengelola Goa Sunyarangi

Pembentukan itu mengakhiri kisruh kepengurusan Badan Pengelola Goa Sunyarangi.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah pengujung nampak berfoto di lingkungan objek wisata Goa Sunyaragi di Cirebon, Jawa Barat.
Foto: Darmawan / Republika
Sejumlah pengujung nampak berfoto di lingkungan objek wisata Goa Sunyaragi di Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Keraton Kasepuhan Cirebon telah membentuk Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) yang baru. Pembentukan itu mengakhiri kisruh kepengurusan BPTAGS yang terjadi selama beberapa waktu terakhir.

Pembentukan BPTAGS yang baru, dilakukan setelah pihak Keraton Kasepuhan, melalui Patih Sepuh, Pangeran Raja (PR) Goemelar Soeriadiningrat, melakukan musyawarah dengan keluarga dan sejumlah wargi. Hasilnya, ditetapkan pengurus BPTAGS yang baru, yang berbeda dengan pengurus sebelumnya yang ditetapkan oleh Sultan Sepuh XV, Pangeran Raja Adipati (PRA) Luqman Zulkaedin.

Baca Juga

"Pada BPTAGS kali ini, yang menjadi Direktur adalah PR Nisfudin Ardiningrat dan wakilnya R Chaidir Susilaningrat," kata Patih Sepuh, PR Goemelar Soeriadiningrat, usai musyawarah yang digelar di Kantoran Patih Sepuh Komplek Keraton Kasepuhan, Selasa (16/11) malam.

Adapun sebagai pembina yaitu Sultan Sepuh XV, PRA Luqman Zulkaedin, Patih Sepuh PR Goemelar Soeriadiningrat dan Kadis Budpar Kota Cirebon, Agus Suherman. "Kami juga memberikan tugas pengawasan BPTAGS ini kepada R Irwan dan sebagai Sekretaris R Gaga," tambah Goemelar.