Rabu 17 Nov 2021 16:29 WIB

Lewat Kegiatan PKL Mahasiswa UBSI Bangun Aplikasi Buat UMKM

Program aplikasi yang dibangun mahasiswa UBSI untuk pengembangan UMKM

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kelompok mahasiswa prodi Sistem Informasi Universitas BSI semester lima, yang terdiri dari Fauko Missalam, Rike Intan Pradika dan Fakih Haidar Hartono, telah mengimplementasikan hasil PKL  menjadi beberapa program aplikasi pasar digital guna mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), salah satunya yaitu UMKM Denias Food Indonesia.
Foto: UBSI
Kelompok mahasiswa prodi Sistem Informasi Universitas BSI semester lima, yang terdiri dari Fauko Missalam, Rike Intan Pradika dan Fakih Haidar Hartono, telah mengimplementasikan hasil PKL menjadi beberapa program aplikasi pasar digital guna mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), salah satunya yaitu UMKM Denias Food Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Magang menjadi salah satu bagian dari Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk mahasiswa program studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Melalui program magang, diharapkan menjadi jembatan untuk mengimplementasikan mata kuliah yang telah didapatkan di bangku kuliah. 

Salah satu kelompok mahasiswa prodi Sistem Informasi semester lima, yang terdiri dari Fauko Missalam, Rike Intan Pradika dan Fakih Haidar Hartono, telah mengimplementasikan hasil PKL  menjadi beberapa program aplikasi pasar digital guna mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), salah satunya yaitu UMKM Denias Food Indonesia. 

Baca Juga

Kiagus Rifdan Anshori, pemilik UMKM Denias Food Indonesia, menjelaskan, masa pandemi berdampak pada penjualan makanan.“Tingkat penjualan jadi sedikit, sehingga berakibat menurunnya jumlah penghasilan. Selain itu, pemasaran yang dimiliki oleh toko pun masih konvensional,” ungkapnya dalam rilis yang diterima, Selasa (16/11).

Berawal dari permasalahan yang ada pada UMKM tersebut, Fauko Missalam sebagai ketua kelompok mengatakan, perlu dibuat suatu program aplikasi berbasis web guna meningkatkan pemasaran dan penjualan.

“Dengan berbekal dari mata kuliah web programming, kami membangun beberapa website pasar digital antara lain deniaskebuli.com, deniasfoodmarket.com, deniaskitchen.com, caribumbu.com,” katanya.

Mata kuliah web programming, imbuh Fauko, didapat saat duduk di semester tiga dan semester empat. Jadi, masih sangat lekat dalam ingatan, bagaimana cara membangun website yang baik, sekaligus sebagai media promosi online.

“Web programming adalah mata kuliah praktik yang dapat menjadi bekal keterampilan kami saat nanti terjun di dunia kerja, seperti saat PKL ini, kami dapat memberikan sumbangsih yang bermanfaat pada tempat PKL kami,” paparnya.

Sementara itu, Sriyadi, selaku ketua prodi Sistem Informasi Universitas BSI menyebutkan, mahasiswa Universitas BSI prodi Sistem Informasi khususnya, memang telah disiapkan dengan berbagai skil keterampilan dan mahir dalam membuat aplikasi.

“Tentunya dengan kurikulum yang telah disesuaikan dengan segala kebutuhan dunia industri, sehingga diharapkan lulusan Universitas BSI akan siap menjawab segala tantangan dan siap untuk bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain,” tegasnya.

Ia menambahkan, lewat kegiatan PKL ini, mahasiswa dibina untuk mencari pengalaman secara langsung di dunia kerja, dengan berbekal pengetahuan dan skil yang telah dimilikinya.Dengan kegiatan PKL, maka kampus telah menjembatani keilmuan teoritis dan terapan mahasiswa untuk diimplementasikan pada dunia kerja secara langsung. Semoga dengan kegiatan PKL ini, mahasiswa akan semakin siap menatap masa depan,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement