Rabu 17 Nov 2021 17:41 WIB

Kenali Gejala Kekurangan Testosteron pada Pria

Kekurangan testosteron dapat memengaruhi pria dari segala usia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kenali gejala testosteron pria mulai berkurang (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kenali gejala testosteron pria mulai berkurang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring bertambahnya usia pria, kadar testosteron cenderung terus menurun, dengan laju sekitar dua persen setiap tahun antara usia 30 dan 40 tahun. Penurunan ini wajar dan seharusnya tidak menimbulkan masalah dengan sendirinya. 

Namun, kekurangan testosteron dapat memengaruhi pria dari segala usia, karena testis tidak memproduksi cukup testosteron. Dilansir di laman Express pada Rabu (17/11), beberapa orang dengan defisiensi testosteron (hipogonadisme) merasa gejalanya sulit untuk dihadapi. Untuk itu, carilah perawatan untuk mengisi kembali kadar testosteron mereka.

Baca Juga

Kekurangan testosteron dapat menyebabkan kepadatan tulang yang rendah. Untuk orang yang lebih tua, beberapa gejala kekurangan testosteron hanya terkait dengan bertambahnya usia dan mungkin sulit untuk menghubungkannya dengan penurunan testosteron.

Penurunan testosteron ini kadang-kadang dijuluki menopause pria. Namun, National Health Society (NHS) menggambarkan ini sebagai istilah yang tidak membantu. Menurut situs web NHS, label ini menyesatkan karena menunjukkan bahwa gejalanya adalah akibat dari penurunan tiba-tiba testosteron di usia paruh baya, mirip dengan apa yang terjadi pada wanita menopause. "Ini tidak benar," ujar NHS.

British Society for Sexual Medicine (BSSM) mendefinisikan defisiensi testosteron sebagai kondisi medis yang mapan dan signifikan. “Defisiensi testosteron dapat berdampak buruk pada beberapa sistem organ dan mengakibatkan penurunan kualitas hidup yang signifikan, termasuk perubahan fungsi seksual.”

Apa saja gejala kekurangan testosteron? Gejala kekurangan testosteron dapat meliputi kelelahan, kelesuan, depresi, kecemasan, sifat lekas marah, libido rendah juga disfungsi ereksi. Selain itu, gejala lainnya adalah berkurangnya toleransi dan kekuatan olahraga, keringat berlebihan dan keringat malam, konsentrasi atau memori buruk dan perlu lebih jarang bercukur.

Beberapa gejala ini bisa menjadi akibat dari beberapa hal, jadi Anda akan memerlukan tes darah untuk memastikan kekurangan testosteron. Meskipun gejala kekurangan testosteron tidak selalu dianggap berbahaya, mereka bisa tidak menyenangkan dan memengaruhi kesehatan mental dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Membahas pengobatan untuk kekurangan testosteron dengan dokter Anda dapat membantu meringankan beberapa gejala. Bahkan jika testosteron rendah bukanlah penyebab gejala Anda, dokter mungkin masih dapat membantu menyelidiki dan membantu.

Jika Anda telah didiagnosis dengan kekurangan testosteron dan menemukan itu mempengaruhi kualitas hidup Anda, Anda mungkin akan diresepkan terapi penggantian testosteron (TRT). Sebelum menjalani TRT, Anda akan menjalani penilaian dengan ahli endokrinologi atau spesialis hormon, untuk memeriksa apakah itu cocok untuk Anda. Paling umum, TRT diberikan dalam serangkaian suntikan untuk menambah kadar testosteron Anda.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement