Kamis 18 Nov 2021 01:32 WIB

Kemenkes Yakin Indonesia Segera Capai Kekebalan Kelompok

Kemenkes berharap masyarakat tak pilih-pilih vaksin.

Red: Bayu Hermawan
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmizi M-Epid
Foto: Istimewa
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmizi M-Epid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meyakini Indonesia segera mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Kemenkes berharap pemerintah daerah (pemda) kabupaten atau kota tidak pilih-pilih vaksin Covid-19.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa vaksin Covid-19 selain merek Sinovac tersedia dalam jumlah yang cukup. “Dan ini akan mempercepat kita untuk segera mencapai kekebalan kelompok dan kita bisa keluar dari pandemi menjadi endemi yang kita ingin bersama,” kata Siti Nadia, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga

Dia mengungkapkan pemerintah sudah menerapkan strategi untuk mengantisipasi varian Delta Plus AY.4.2. “Sudah kita terapkan sejak ada info varian baru termasuk varian MU dan AY 4.4,” ungkapkan.

Dia menjelaskan kelonggaran mobilitas masyarakat saat ini dilakukan karena situasi level PPKM sudah terus menurun dan membaik. Namun, dia mengingatkan masih pentingnya protokol kesehatan bagi masyarakat. 

Kata dia, masyarakat jangan lengah dan abai. “Kita terus dorong protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat, mengingatkan pemda untuk terus mencapai testing dan tracing optimal dan mendorong vaksinasi,” pungkasnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan akan ada penyesuaian pengaturan aktivitas masyarakat serta mobilitas yang diatur menyesuaikan data kasus dan kondisi riil di lapangan. Hal tersebut akan dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi penularan Covid-19 selama masa libur panjang Natal dan Tahun Baru.

"Pada prinsipnya pemerintah akan tetap mendukung kegiatan masyarakat asalkan dilakukan secara terkendali," ujar Wiku, Selasa (15/11/2021).

Diketahui, total vaksinasi dosis pertama hingga Selasa 16 November 2021 pukul 18.00 WIB sudah mencapai 132.006.377 dosis. Sedangkan total vaksinasi dosis kedua telah mencapai 86.279.716 dosis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement