Kamis 18 Nov 2021 09:05 WIB

Dispusipda Jabar Gelar Pelatihan Penyusunan Surat Dinas

Hadadi: Sangat diperlukan dalam penguatan kompetensi pegawai.

Red: Rahmat Santosa Basarah
Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si  saat membuka Pelatihan Penyusunan Surat Dinas yang digelar virtual, Selasa (16/11)
Foto: Dispusipda Jabar
Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si saat membuka Pelatihan Penyusunan Surat Dinas yang digelar virtual, Selasa (16/11)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Pelatihan Penyusunan Surat Dinas II.  Pelatihan yang digelar pada Selasa (16/11) ini diselenggarakan secara virtual melalui platform zoom meeting dan kanal Youtube Dispusipda Jabar. Peserta daring mencapai lebih dari 500 orang mencangkup perangkat daerah di Jawa Barat, Kabupaten dan Kota juga masyarakat umum.

photo
Dispusipoda Jabar Gelar Pelatihan Penyusunan Surat Dinas - (Dispusipda Jabar)

Acara ini diadakan dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai dalam penyusunan naskah surat dinas, sehingga perlu dilakukan kegiatan Pelatihan Penyusunan Surat Dinas sesuai dengan Tata Naskah Dinas (TND) Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pada umumnya. Terutama tatacara penggunaan bahasa sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si mengungkapkan kegiatan ini sangat diperlukan dalam penguatan kompetensi pegawai.  “Rangkaian Kegiatan Webinar Interaktif yang kedua ini sangat diperlukan dalam penguatan kompetensi pegawai yakni ASN dan Tenaga Teknis. Tidak hanya di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah namun secara umum juga diperlukan bagi seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sehingga kompetensi dasar dalam penyusunan konsep/drafting surat, mudah dikuasai oleh masing-masing pegawai,'' tandas Hadadi saat membuka pelatihan tersebut.

Pada seri kedua pelatihan ini, kembali menghadirkan Peneliti Madya Badan Bahasa Kemendikbud RI  Drs. S.S.T. Wisnu Sasangka, M.Pd. Wisnu menyampaikan  materi terkait  Penggunaan Ejaan dalam Tata Naskah Dinas. Acara dimoderatori oleh Drs. Febriadi, M. Si selaku Arsiparis Ahli Madya Dispusipda Jabar dan Iceu Novida, S. TP., SE., MM sebagai pembawa acara. ''Peserta sangat antusias mengikuti acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dan acara berakhir mundur dari jadwal. Banyak masukan dari peserta untuk diadakannya pelatihan lanjutan dengan pembahasan lebih mendalam lagi,'' papar Kepala Subbagian Kepegawaian, Umum dan Kehumasan Dispusipda Jabar, Iceu Novida, STP, SE, MM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement