Jumat 19 Nov 2021 02:05 WIB

Gagal Lolos Langsung ke Qatar 2022, Italia Dinilai Lelah

Sejak akhir Maret, Italia harus tampil dalam 19 laga di tiga kompetisi sekaligus.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pelatih timnas Italia, Roberto Donadoni.
Foto: EPA/GIORGIO BENVENUTI
Mantan pelatih timnas Italia, Roberto Donadoni.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Italia gagal untuk segera mengamankan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022. Padahal, empat bulan lalu, Gli Azzurri membuktikan diri sebagai tim terbaik di Eropa setelah menggondol trofi Euro 2020.

Di partai final, La Nazionale berhasil membungkam Inggris via babak adu penalti. Namun, sejak kesuksesan itu, Italia hanya mampu memetik dua kemenangan di tujuh laga terakhir di semua ajang.

Baca Juga

Tim besutan Roberto Mancini itu pun mengakhiri rekor 37 laga tanpa kekalahan kala dibekap Spanyol, 1-2, di laga semifinal UEFA Nations League. Akhirnya, hasil imbang di dua laga pamungkas penyisihan Grup C membuat Italia kehilangan satu tiket langsung ke putaran final Piala Dunia 2022.

Gli Azzurri finis di peringkat kedua Grup C usai tertinggal dua poin dari Swiss. Hasil ini memperpanjang rekor buruk Italia di babak kualifikasi Piala Dunia usai gagal lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2018.

Pada 2017, Italia bahkan harus absen di putaran final Piala Dunia 2018 lantaran kalah agregat gol dari Swedia di babak play-off. Kini, satu-satunya peluang Italia untuk terbang ke Qatar 2022 adalah melalui babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, yang rencananya mulai dihelat pada Maret 2022 mendatang.

Gli Azzurri bakal menjadi satu dari 12 tim yang memperebutkan tiga jatah sisa wakil Eropa di Qatar 2022. Mantan pelatih timnas Italia, Roberto Donadoni, menilai, penurunan performa Lorenzo Insigne dan kawan-kawan tidak terlepas dari faktor kelelahan mental dan fisik.

Sejak akhir Maret lalu, Gli Azzurri harus tampil di 19 laga dan berpartisipasi di tiga kompetisi sekaligus, mulai dari Euro 2020, UEFA Nations League, hingga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

''Italia mengalami penurunan level fisik dan mental, tapi ini bukan kekalahan. Sangat sulit untuk menjaga keseimbangan di pentas sepak bola. Hal yang paling terlihat adalah kurang agresivitas dari tim ini. Namun, kondisi ini bukan disebabkan kurang motivasi. Kondisi fisik para pemain berada di bawah level yang seharusnya,'' kata Donadoni kepada La Repubblica, Kamis (18/11).

Kendati begitu, eks penggawa AC Milan dan timnas Italia itu menegaskan, Gli Azzurri masih memiliki peluang untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022. Tampil di babak play-off, lanjut Donadoni, bukanlah bencana.

Rencananya, babak undian babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa akan digelar pada akhir bulan ini. Kendati sama-sama menempati posisi tim unggulan, Gli Azzurri tetap memiliki peluang untuk berhadapan dengan kampiun Euro 2016, Portugal.

''Tampil di babak play-off bukanlah bencana besar. Saya menolak anggapan, timnas Italia harus menghindari Portugal. Itu sama saja menunjukkan kelemahan dari mentalitas tim ini,'' tegas Donadoni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement