Jumat 19 Nov 2021 10:08 WIB

Tips Ambil Foto Gerhana Bulan Terlama Malam Ini Pakai HP

 Gerhana bulan akan terjadi selama 3 jam, 28 menit dan 23 detik, terlama sejak 1440.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi gerhana bulan: Gerhana Bulan Terlama akan Terjadi pada 19 November 2021
Foto: Science Alert
Ilustrasi gerhana bulan: Gerhana Bulan Terlama akan Terjadi pada 19 November 2021

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerhana bulan parsial terpanjang dalam hampir 600 tahun akan terjadi malam ini, Jumat (19/11). Dilansir dari Phys, ini akan menjadi peristiwa gerhana parsial terlama sejak 1440.

Dilansir dari Space, gerhana kali ini akan terjadi selama 3 jam, 28 menit, dan 23 detik. Selain menyaksikan fenomena alam ini, banyak orang yang akan mendokumentasikannya.

Baca Juga

Untuk mendapatkan foto yang bagus, Anda perlu menghadapi sejumlah tantangan. Sebab, jarak bulan yang sangat jauh dan kondisi malam membuat Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Meski begitu, untuk mendokumentasikan momen langka ini, Anda tidak perlu menggunakan kamera canggih. Anda bisa gunakan ponsel untuk menangkap momen ini dengan hasil yang baik.

Dilansir the Guardian, Jumat (19/11), mengunduh aplikasi bisa menjadi pilihan tepat. Anda disarankan untuk memotret gerhana bulan melalui aplikasi dibandingkan lewat kamera langsung dari iPhone atau Android. Beberapa aplikasi memiliki peringkat sensitivitas yang bisa memotret dengan baik dalam cahaya redup. Sayangnya, tidak semua aplikasi bagus.