Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

3 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

CJ ENM Korea Selatan akan Akuisisi Endeavor Studio

Sabtu 20 Nov 2021 06:05 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Raksasa media Korea Selatan CJ ENM.

Raksasa media Korea Selatan CJ ENM.

Foto: wikimedia.org
Nilai akuisisi Endeavor Studio ini mencapai Rp 11,082 triliun

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Endeavour telah mencapai kesepakatan untuk menjual saham mayoritas Endeavor Content Studio kepada raksasa media Korea Selatan CJ ENM, perusahaan dibalik film-film seperti Parasite dan Snowpiercer, seharga 775 juta dolar AS atau sekitar Rp 11,082 triliun (kurs Rp 14.300 per dolar AS).

Seperti dilansir dari laman Hollywoodreporter, Sabtu (20/11) kesepakatan itu menghargai perusahaan sebesar 850 juta dolar AS. Endeavor akan mempertahankan 20 persen saham Endeavor Content dan juga memegang divisi penjualan film dan non-skrip.

Baca Juga

Dalam sebuah wawancara dengan THR pada Agustus, presiden Endeavor Mark Shapiro mengatakan sangat pahit untuk menjual 80 persen bisnis ini karena studio memiliki ratusan pertunjukan dalam pengembangan atau produksi seperti proyek Konten Endeavour telah termasuk Once Upon a Time… In Hollywood, dan Killing Eve.

Namun, pemilik WME dan UFC ini tidak punya banyak pilihan dalam masalah ini, setelah setuju untuk mendivestasikan setidaknya 80 persen sahamnya di bawah ketentuan kesepakatan yang dibuat dengan Writers Guild of America awal tahun ini. Kesepakatan itu memungkinkan WME sekali lagi mewakili klien penulis, tetapi mengharuskan perusahaan menyerahkan kendali atas studio miliknya, dan menghapus pengemasan.

WME bukan satu-satunya agensi yang melakukan divestasi aset studio. CAA menjual saham mayoritas studionya, Wiip, ke raksasa hiburan Korea Selatan lainnya, JTBC, pada Juni. Wiip memproduksi Mare of Easttown dari HBO dan Dickinson dari Apple TV+, di antara proyek-proyek lainnya seperti halnya Endeavor, CAA terikat oleh kesepakatan yang ditandatangani dengan WGA.

“Kami sangat senang mengumumkan kesepakatan ini dengan Endeavor Content, sebuah perusahaan yang tumbuh dengan kecepatan luar biasa di pasar AS dan Eropa,” kata CEO CJ ENM, Kang Ho-Sung

“Kami yakin bahwa kesepakatan ini akan menciptakan sinergi antara kedua perusahaan, yang diakui secara global untuk kemampuan produksi mereka dan daftar properti IP yang terkenal,” ucapnya.

“Pada akhirnya, CJ ENM berusaha untuk menjadi studio global utama yang mencakup konten yang menarik bagi audiens global, kami akan terus memperluas kehadiran kami di pasar global,” ujarnya menambahkan.

Penjualan yang direncanakan oleh Endeavor, yang dipimpin oleh CEO Ari Emanuel, juga terjadi hanya enam bulan setelah perusahaan go public dalam IPO, dengan penekanan besar pada bisnis olahraganya sendiri, seperti UFC, dan pada divisi acara langsungnya.

“Empat tahun lalu, kami mulai membangun studio talent-first yang memprioritaskan kebebasan dan kepemilikan kreatif yang lebih besar,” kata Emanuel. 

“Graham Taylor, Chris Rice, dan seluruh tim Konten Endeavor memenuhi janji itu dan transaksi ini semakin menggarisbawahi nilai abadi konten bakat dan premium,” ucapnya.

Penjualan Endeavor ini terjadi di tengah kesibukan aktivitas merger dan akuisisi di sektor industri media dan hiburan global.

Reese Witherspoon menjual sahamnya di Hello Sunshine senilai 900 juta dolar AS ke perusahaan induk yang didirikan oleh mantan eksekutif Disney Kevin Mayer dan Tom Staggs. Staggs dan Mayer juga membeli perusahaan di balik program anak-anak Cocomelon, dan juga mengadakan pembicaraan tentang pembelian Westbrook Studios, perusahaan film yang didirikan oleh Will Smith.

Sementara itu, SpringHill, perusahaan konten yang didirikan oleh LeBron James dan Maverick Carter, telah berdiskusi tentang investasi minoritas dari RedBird Capital.

“Kami telah melakukan beberapa presentasi dan membagikan buku kepada pembeli yang memenuhi syarat,” kata Shapiro.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile