Ahad 21 Nov 2021 14:37 WIB

Andrew Garfield tak Mau Perankan Joker, Ini Alasannya

Bagi Andrew Garfield, peran Joker terlalu berat untuk dirinya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Andrew Garfield tak mau memainkan peran Joker (ilustrasi).
Foto: Reuters
Andrew Garfield tak mau memainkan peran Joker (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor Andrew Garfield mengatakan tidak akan pernah memerankan penjahat ikonik Batman, Joker. Garfield terkenal memerankan Spider-Man/Peter Parker di film The Amazing Spider-Man dan The Amazing Spider-Man 2, dan memainkan berbagai karakter di film lain.

Aktor itu berperan sebagai misionaris dalam Silence karya Martin Scorsese, seorang prajurit di Hacksaw Ridge karya Mel Gibson, dan seorang televangelis di The Eyes of Tammy Faye.

Baca Juga

Joker adalah musuh bebuyutan Batman yang paling populer. Karakter ini telah diperankan oleh sejumlah aktor selama bertahun-tahun.

Penampilan live-action pertamanya adalah di serial TV “Batman” 1966, yang diperankan oleh Cesar Romero. Jack Nicholson menciptakan versi yang terkenal lebih gelap di Batman karya Tim Burton pada 1989, dan aktor Heath Ledger memenangkan Oscar untuk penampilannya sebagai Pangeran Badut Kejahatan dalam The Dark Knight karya Christopher Nolan.

Jared Leto kemudian mengambil celah pada karakter itu dalam Suicide Squad karya David Ayer, dan Joaquin Phoenix membawa pulang Oscar untuk perannya sebagai karakter dalam Joker 2019 dari sutradara Todd Phillips.

Dalam video Q&A baru dari GQ, Garfield mengatakan dia tidak akan pernah mendekati peran Joker, sebagai tanggapan atas saran bahwa dia memainkan peran dalam The Batman karya Matt Reeves. Garfield menjelaskan bahwa warisan yang diciptakan oleh aktor sebelumnya lebih dari cukup untuk meyakinkannya bahwa dia tidak akan mendekati karakter itu. Aktor itu bersyukur bahwa seseorang berpikir dia siap untuk tugas seperti itu, tetapi dia merasa karakter itu terlalu berat untuknya.

“Tidak akan mendekatinya. Sayang sekali Anda berpikir bahwa itu mungkin, tetapi saya tidak berpikir bahwa saya bisa melakukannya karena apa yang Heath (Ledger) lakukan, apa yang Jack Nicholson lakukan, dan tentu saja Joaquin (Phoenix) melakukan hal jenius,” kata dia dilansir di Screen Rant, Ahad (21/11).

Film drama biografi Garfield The Eyes of Tammy Faye sedang diputar, sementara film berikutnya arahan sutradara Lin Manuel Miranda Tick, Tick...Boom! rilis di Netflix pada 19 November. Desas-desus telah beredar sejak lama bahwa aktor itu akan mengulangi perannya sebagai Spider-Man untuk Spider-Man: No Way Home, tetapi sejauh ini dia membantah rumor tersebut

Garfield saat ini sedang syuting sebuah peran dalam adaptasi serial mini dari buku nonfiksi Jon Krakauer Under The Banner of Heaven untuk FX. Memainkan Joker tampaknya menjadi hadiah atau kutukan, tergantung pada bagaimana akhirnya.

Untuk seorang aktor, ini adalah peran maniak yang kompleks dari seorang psikopat jenius yang berpakaian seperti badut, memberikan beberapa materi yang berat untuk dipelajari, yang telah menghasilkan Oscar untuk dua aktor yang memainkannya. Di sisi lain, mengambil peran itu juga berarti dibandingkan dengan mereka yang main sebelumnya, sehingga ada tingkat tekanan tinggi.

Selain itu, datang dengan pandangan baru tentang karakter yang digambarkan dengan terkenal bisa menjadi lebih rumit bagi seorang aktor, jadi keengganan Garfield untuk mempertimbangkannya sangat beralasan. Konon, jika sutradara Matt Reeves memanggil aktor tersebut untuk menguji peran itu  dalam The Batman, kemungkinan sulit baginya untuk menolak, seperti halnya aktor mana pun yang menerima panggilan itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement