Senin 22 Nov 2021 13:22 WIB

Cara Paling Higienis untuk Pakai Toilet Umum Saat Bepergian

Saat bepergian, toilet umum yang dijumpai ada kalanya tidak bersih.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Toilet umum. Ketika bepergian, ada kalanya toilet umum yang dijumpai saat kebelet buang air kecil tidak bersih.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Toilet umum. Ketika bepergian, ada kalanya toilet umum yang dijumpai saat kebelet buang air kecil tidak bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bepergian memang menyenangkan. Namun, bagaimana kalau harus berjumpa dengan toilet umum yang kotor saat kebelet buang air?

Banyak orang memilih untuk menahan buang air kecil maupun besar sampai tiba di tempat yang toiletnya lebih bersih. Penasihat kesehatan dan kebugaran Pee Safe, Kajal Sangwan, mengatakan, jika tidak berhati-hati saat menggunakan kloset di toilet umum, orang dapat tertular infeksi, penyakit, dan infeksi saluran kemih.

Baca Juga

"Kebanyakan orang, terutama perempuan, tertular ISK karena menggunakan kloset yang tidak higienis yang mungkin tampak aman pada awalnya, tetapi sebenarnya merupakan rumah bagi sejuta kuman dan bakteri," ungkap Sangwan.

Makhluk kecil ini, menurut Sangwan, juga bisa hidup di kloset terbersih dan bebas noda. Keberadannya tidak akan terlihat dengan mata telanjang.

"Jika kita menemukan kloset yang tampak putih dan bersih, jangan tertipu," kata Sangwan.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika akan menggunakan kloset di toilet umum? Sangwan menyarankan untuk selalu memastikan klosetnya bersih sebelum dan sesudah digunakan.

"Jangan berdiri sambil menekuk lutut dan menungging, seperti posisi squat, untuk buang air kecil karena itu buruk untuk kesehatan," ujar Sangwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement