Senin 22 Nov 2021 19:46 WIB

Puyol Minta Xavi Diberi Waktu Tukangi Barcelona

Puyol dan Xavi rekan satu tim pada era kejayaan Barcelona bersama Pep Guardiola.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
 Pelatih kepala FC Barcelona Xavi Hernandez (ilustrasi). Mantan rekan setim Xavi, Carles Puyol, meminta eks pelatih Al Sadd itu diberikan waktu menangani Barcelona.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Pelatih kepala FC Barcelona Xavi Hernandez (ilustrasi). Mantan rekan setim Xavi, Carles Puyol, meminta eks pelatih Al Sadd itu diberikan waktu menangani Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Mantan kapten Barcelona Carles Puyol mengatakan Xavi Hernandez harus diberi waktu dan kepercayaan diri dalam menangani Barcelona. Xavi membuat debutnya sebagai pelatih Blaugrana dengan kemenangan tipis 1-0 atas Espanyol dalam pertandingan La Liga, pekan lalu. Kemenangan ini membuat Barcelona naik peringkat ke posisi keenam klasemen sementara La Liga dengan 20 poin. 

Xavi bermain untuk Barcelona selama 17 tahun dan memenangkan 25 trofi. Ia ditunjuk sebagai pelatih klub setelah pemecatan Ronald Koeman awal bulan ini. Xavi diberi kontrak hingga 2024.

Baca Juga

"Saya mengenal Xavi dengan sangat baik dan saya tahu dia telah mempersiapkan dirinya dengan amat bagus. Saya yakin dia akan melakukannya dengan sangat baik pula," kata Puyol dilansir dari Reuters, Senin (22/11).

Puyol dan Xavi merupakan mantan rekan setim yang pernah mengalami masa-masa sulit di Barcelona. Setelah itu, keduanya mencapai hal-hal hebat dengan mendominasi Spanyol dan Eropa. Perjalanan tersebut sangat membekas pada benak Puyol.

"Kami belum memenangkan apa pun dan kemudian kami memenangkan segalanya dengan memainkan sepakbola yang sangat bagus. Jadi dia tahu persis apa yang harus dilakukan, dan Anda harus memberinya waktu dan kepercayaan diri,” kata Puyol menambahkan.

Puyol dan Xavi ada pada satu era kejayaan Barcelona ketika Pep Guardiola menjadi pelatih. Xavi yang bertindak sebagai gelandang menjadi pengatur permainan bersama Andres Iniesta dan Lionel Messi. Sedangkan Puyol adalah tembok pertahanan yang sulit ditaklukkan oleh striker manapun di dunia.

Kini Xavi kembali ke Camp Nou setelah sebelumnya hijrah ke Al Sadd, Qatar, sebagai pemain dan pelatih. Namun Barcelona saat ini bukan yang dulu lagi. Hanya tersisa beberapa sosok yang pernah bermain dengan Xavi seperti Gerard Pique, Marc Andre Ter Stegen, Sergio Busquets, dan Dani Alves.

Barcelona akan menghadapi laga penting melawan Benfica di Liga Champions, Rabu (24/11) dini hari WIB. Mereka harus menang jika ingin meraih tiket ke babak 16 besar. Setelah itu, Barcelona ditunggu Villarreal di La Liga akhir pekan nanti. 

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement