Selasa 23 Nov 2021 20:25 WIB

Tim SAR Selamatkan Korban Tertimbun Longsor Sukabumi

Proses evakuasi memakan waktu dua jam.

Red: Muhammad Fakhruddin
Tim SAR Selamatkan Korban Tertimbun Longsor Sukabumi (ilustrasi).
Foto: bpbd sukabumi
Tim SAR Selamatkan Korban Tertimbun Longsor Sukabumi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menyelamatkan nyawa warga Kampung Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang tertimbun puing bangunan rumah yang hancur akibat diterjang bencana tanah longsor, Selasa (23/11).

"Alhamdulillah berkat kerjasama tim SAR dibantu warga, korban yang diketahui bernama Ahmad ini berhasil diselamatkan setelah tertimbun puing rumahnya yang hancur akibat diterjang longsor," kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Medi Abdul Hakim kepada wartawan di Sukabumi.

Pantauan di lokasi, evakuasi korban bencana tanah longsor di Desa Pasirsuren, Kecamatan Palabuhanratu ini berlangsung dramatis, di mana kondisi korban yang tubuhnya terjepit bongkahan puing bangunannya harus bertahan beberapa lama hingga akhirnya puing tersebut disingkirkan.

Selain itu, posisi korban saat itu berada di tebing karena rumahnya ikut terbawa tanah yang longsor ini, bahkan tim SAR yang memberikan pertolongan dan mengevakuasi korban harus selalu waspada karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.