Selasa 23 Nov 2021 21:58 WIB

Kembali ke Rumah, Hangtuah Percaya Diri Tatap IBL 2022

Hangtuah punya lapangan latihan sendiri dengan fasilitas mumpuni.

Red: Israr Itah
Komisaris Utama Hangtuah Jakarta Muhammad Kerry Adrianto Riza (baju putih tengah) bersama para pemain Hangtuah.
Foto: Dok Hangtuah
Komisaris Utama Hangtuah Jakarta Muhammad Kerry Adrianto Riza (baju putih tengah) bersama para pemain Hangtuah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Hangtuah Jakarta semakin percaya diri menghadapi kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2022. Hal itu tak lepas dari keputusan manajemen tim untuk kembali ke markas latihan mereka di daerah Bango, Jakarta Selatan. Kebijakan itu dibuat tak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang mulai terkendali dan tingkat vaksinasi, terutama di wilayah Jakarta, yang sudah merata.

“Dengan pertimbangan tersebut, manajemen memutuskan tim akan kembali berlatih di Bango,” kata Muhammad Kerry Adrianto Riza, Komisaris Utama Hangtuah Jakarta, Selasa (23/11).

Baca Juga

Dalam persiapan menghadapi IBL 2021 lalu, Hangtuah Jakarta sempat menjadi tim 'musafir'. Mereka berlatih di sejumlah lapangan, tidak menetap. Hal itu dianggap menjadi salah satu hambatan yang membuat performa Kelly Purwanto dkk pada IBL tahun ini tidak maksimal. Mereka berada di posisi ke-11 dari 12 tim peserta IBL 2021.

 “Tentunya hasil musim lalu menjadi evaluasi hingga akhirnya kami kembali berlatih di Bango. Berbeda dengan lapangan tempat tim berlatih musim lalu, fasilitas latihan di markas kami terbilang komplet. Lantai lapangan latihan kami pun berstandar internasional,” tutur Kerry menambahkan.

Sebagai home base, tempat latihan Hangtuah Jakarta bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan sejumlah peserta IBL lainnya. Selain punya lapangan latihan sendiri, fasiltas yang ada juga mumpuni. Lapangan indoor membuat latihan tetap bisa berlangsung meski cuaca buruk. Selain itu, lantai lapangan memenuhi standar FIBA. Tempat latihan Hangtuah tersebut juga dilengkapi kamar ganti, sejumlah papan dan ring basket.

 

 “Perhatian manajemen juga begitu baik. Ketika saya bergabung dengan klub ini, saya mendapat perlakuan yang lebih baik saat latihan, di antaranya ketersediaan buah-buahan dan nutrisi pelengkap jika kami seusai berlatih,” kata I Putu Yudi Antara atau akrab disapa Onge yang musim lalu membela Bali United.

“Lapangan latihan Hangtuah juga lengkap dan kami bisa berlatih small game karena ketersediaan sejumlah ring,” tambah rookie Saddam Asyruna.

Memasang target lima besar pada IBL 2022, Hangtuah Jakarta melakukan persiapan yang sangat matang. AF Rinaldo yang berstatus Pelatih Terbaik IBL 2020 direkrut menjadi arsitek anyar. Mereka juga kembali menggaet pemain asing LaQuavius Cotton yang pernah menjadi bagian dari skuad pada 2020.

Pada IBL 2022, Hangtuah tergabung di Divisi Putih bersama Pelita Jaya Jakarta, Dewa United Surabaya, Prawira Bandung, Bali United Basketball, NSH Mountain Gold Timika, Rans PIK Basketball, dan EVOS Bogor Basketball. Kompetisi tertinggi bola basket nasional ini akan digelar mulai 13 Januari 2022 di Hall Basket Senayan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement