Rabu 24 Nov 2021 16:21 WIB

Virolog Jelaskan Cara Cegah Lonjakan Kasus Covid-19

Lonjakan kasus Covid-19 dapat dicegah.

Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Lonjakan kasus Covid-19 dapat dicegah.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19. Lonjakan kasus Covid-19 dapat dicegah.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO - Virolog dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dr Daniel Joko Wahyono MBiomed mengingatkan bahwa lonjakan kasus Covid-19 dapat dicegah. Caranya ialah dengan tetap memperkuat protokol kesehatan dan menggencarkan program vaksinasi.

"Kunci untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 adalah masyarakat perlu tetap mematuhi anjuran pemerintah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan juga segera mendapatkan vaksinasi," katanya di Purwokerto, Jateng, Rabu.

Baca Juga

Daniel yang mengajar mata kuliah virologi itu mengatakan, beberapa waktu belakangan memang sempat terjadi penurunan kasus Covid-19. Namun, masyarakat perlu tetap memperkuat protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Karena itu mari menggunakan masker di luar rumah, menghindari kerumunan dan rutin mencuci tangan sesuai dengan anjuran dari aturan protokol kesehatan," kata dosen Fakultas Biologi Unsoed ini.

Selain itu, menurut Daniel, para pelaku perjalanan atau penumpang alat transportasi baik darat, laut, dan udara juga perlu memperhatikan aturan skrining tes Covid-19. Dia menjelaskan bahwa kebijakan yang selama ini telah dilakukan pemerintah seperti menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah sangat tepat.

"Menurut saya, kebijakan pemerintah selama ini sudah tepat, salah satunya dengan menerapkan PPKM dan melakukan monitoring serta evaluasi level PPKM secara berkala," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement