Rabu 24 Nov 2021 16:34 WIB

Relawan Bekasi Siaga Antisipasi Luapan Sungai Citarum

Desa Sumbersari jadi daerah terparah akibat tanggul penahan Sungai Citarum jebol.

Red: Bilal Ramadhan
Titik Kritis Tanggul Sungai Citarum di Bekasi
Foto: ANTARA
Titik Kritis Tanggul Sungai Citarum di Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyiagakan relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran guna mengantisipasi musibah banjir akibat luapan Sungai Citarum.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan Desa Sumbersari menjadi salah satu perhatian utama pemerintah daerah untuk meminimalkan dampak bencana banjir mengingat wilayah itu menjadi daerah terparah saat tanggul penahan Sungai Citarum jebol beberapa waktu lalu.

Baca Juga

"Jadi selain persiapan logistik seperti perahu karet, tenda darurat pengungsi dan dapur umum serta logistik lainnya termasuk personel BPBD, kami juga menyiagakan relawan Destana di desa itu," kata Henri di Cikarang, Rabu (24/11).

Dia mengatakan personel Destana disiagakan dalam menghadapi bencana termasuk kegiatan evakuasi jika terjadi banjir akibat luapan Sungai Citarum. "Memasuki musim penghujan, kita sudah melakukan antisipasi potensi bencana dengan melibatkan Destana yang sudah kami bentuk," ucapnya.

Menurutnya kesiapsiagaan terhadap bencana perlu dilakukan mengingat Desa Sumbersari berada di wilayah yang dekat dengan aliran Sungai Citarum. Destana Desa Sumbersari, kata dia, sudah diberi pelatihan dalam menghadapi bencana.

Mereka juga diharapkan mampu mengorganisir serta meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengurangi risiko bencana. "Kita sudah memberikan pembekalan kepada anggota Destana, kami juga selalu mengadakan apel siaga bencana secara berkala," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement