Rabu 24 Nov 2021 22:11 WIB

Kunjungi Papua, Andika Disarankan Temui Tokoh yang Tepat

Andika akan berkunjung ke Papua untuk kali pertama sebagai Panglima TNI.

Rep: Flori Sidebang, Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
 Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang baru diangkat tersenyum saat upacara serah terima di Markas Besar Militer Indonesia di Jakarta, Kamis (18/11).
Foto: EPA-EFE/WILLY KURNIAWAN / POOL
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang baru diangkat tersenyum saat upacara serah terima di Markas Besar Militer Indonesia di Jakarta, Kamis (18/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa rencananya akan mengunjungi Papua dalam waktu dekat ini. Menurut eks Ketua Pansus Otonomi Khusus (Otsus) Papua, Komaruddin Watubun, Andika perlu menggunakan menggunakan metode baru dalam kunjungannya tersebut.

"Jangan pakai metode lama. (Metode) lama itu kan dari dulu bertemu ya dengan orang-orang, tokoh-tokoh, tapi pergerakan perlawanan kan jalan terus. Berarti bukan (bertemu) orang yang tepat kan gitu," kata Komaruddin saat dihubungi Republika, Rabu (24/11).

Baca Juga

Komaruddin mengatakan, selama ini, pertemuan yang dilakukan selalu melibatkan tokoh-tokoh yang dinilai memiliki pengaruh di Papua. Namun, ia menyebut, setelah pertemuan itu ternyata tidak banyak hal yang berubah dalam proses penanganan konflik di daerah tersebut. Sebab, menurut dia, ada beberapa usulan dari warga Papua yang juga perlu ditindaklanjuti.

"Jadi selama ini ya biasa ketemu tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan forum umat beragama, tapi ada usulan-usulan yang memang juga harus ditindaklanjuti kan. Kalau pertemuan, tapi usulan-usulan dari masyarakat sana tidak ditindaklanjuti juga itu menjadi masalah," ujar dia.