Kamis 25 Nov 2021 07:06 WIB

Persipura 'Pasang Badan' Bela Todd Ferre

Todd Ferre dihukum satu tahun larangan bertanding.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gelandang Tim Sepak Bola Indonesia  Todd Rivaldo Ferre.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Gelandang Tim Sepak Bola Indonesia Todd Rivaldo Ferre.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Manajemen Persipura siap membela salah satu pemainnya, Rivaldo 'Todd' Ferre yang mendapat sanksi larangan bermain selama 12 bulan dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. 

Todd Ferre terpaksa harus menepi selama 12 bulan di kancah sepakbola nasional. Berdasarkan  surat dari Komdis PSSI nomor 026/L1/SK/KD-PSSI/XI/2021, Todd Ferre  mendapat hukuman berat itu karena bertingkah laku buruk terhadap perangkat pertandingan dalam pertandingan Persipura melawan Bali United pada 5 November lalu. 

Baca Juga

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita membenarkan penerapan sanksi terhadap Todd Ferre. Menurutnya, hal tersebut merupakan bagian dari persoalan administrasi Komdis PSSI.

"Betul, hukuman satu tahun untuk Todd Ferre berasal dari Komdis yang membuat keputusan," kata Akhmad kepada wartawan. 

Di satu sisi, Akhmad menyatakan tidak mengetahui alasan pasti Komdis memberi sanksi berat untuk Todd Ferre. Menurutnya hal tersebut di luar dari kewenangan PT LIB.

"PT LIB hanya menjalankan administrasi hasil sidang Komdis yang sudah menjadi keputusan," ucapnya. 

Sejauh ini, pihak klub masih mempelajari kasus Todd Ferre untuk mengambil sikap yang lebih taktis. Media Officer Persipura, Eveerth Joumilena menyatakan klub berada di pihak pemain. 

"Kami masih mendalami (kasus ini) dan kemungkinan akan banding. Namun manajemen masih mempelajari semua hal tersebut," kata Eveerth saat dihubungi republika.co.id Rabu (24/11). 

Di satu sisi, Eveerth mengakui bahwa sanksi dari Komdis PSSI akan memengaruhi tim yang sedang berjuang keluar dari zona degradasi Liga 1 musim 2021/22. Terlebih lagi, mereka baru merasakan momentum kemenangan saat berjumpa Persikabo, Senin (22/11) lalu. 

Saat ini, Persipura masih berada di peringkat ke-17 dengan koleksi delapan poin dari 13 kali bertanding. Mereka butuh setidaknya lima poin untuk keluar dari zona merah. 

"(Sanksi) ini pasti akan sangat mengganggu (tim) karena Todd Rivaldo sangat potensial bagi tim. Tapi manajer belum memberi sinyal terkait hal ini," ujar Eveerth. 

Di media sosial, Todd Ferre mengunggah sebuah foto dirinya memegang piala AFF U-22 yang diraihnya bersama timnas Indonesia U-22 pada 2019 lalu.

"Satu trofi dibalas satu tahun ya," tulisnya dalam foto tersebut. 

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement