Kamis 25 Nov 2021 12:52 WIB

Spotify Uji Coba Video Singkat Mirip TikTok

Fitur bernama Discover menghadirkan video veritikal singkat musik mirip TikTok.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
 Ilustrasi foto menunjukkan ikon aplikasi raksasa streaming audio Swedia Spotify yang ditampilkan pada ponsel di Oestrich-Winkel, Jerman, 04 Februari 2021 (dikeluarkan 05 Februari 2021).
Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Ilustrasi foto menunjukkan ikon aplikasi raksasa streaming audio Swedia Spotify yang ditampilkan pada ponsel di Oestrich-Winkel, Jerman, 04 Februari 2021 (dikeluarkan 05 Februari 2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Saat ini Spotify sedang menguji fitur baru berupa video singkat. Fitur yang bernama Discover menghadirkan video veritikal singkat musik yang bisa digulir oleh pengguna seperti di TikTok.

Nantinya, pengguna bisa memberikan respons, seperti menyukai video itu atau sekadar melewati. Penambahan baru pertama kali ditemukan oleh Chris Messina yang mengunggah video fitur Discover. Dia menggambarkan fitur itu sebagai video musik gaya TikTok.

Baca Juga

Messina menemukan fitur tersebut di TestFlight build Spotify atau versi beta untuk iOS. Anda dapat menggulir ke atas dan ke bawah untuk menelusuri video sama seperti di TikTok. Messina berspekulasi fitur tersebut mungkin memanfaatkan format Canvas Spotify yang ada.

Diperkenalkan pada tahun 2019, Canvas merupakan format yang memungkinkan seniman mengiringi musik mereka di aplikasi. Fitur ini mendapat ulasan yang beragam karena beberapa melaporkan bahwa mereka lebih suka melihat sampul album statis saat mendengarkan musik. Sebagian dari mereka menyebut video dan gambar perulangannya sangat mengganggu.

TechCrunch meminta Spotify untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang fitur tersebut. Namun, perusahaan menolak untuk membagikan detail apa pun.

“Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami. Beberapa dari tes itu akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas. Kami tidak memiliki kabar lebih lanjut untuk dibagikan saat ini,” kata juru bicara, dilansir TechCrunch, Kamis (25/11).

Uji coba ini dinilai masih sangat awal dan tidak dipublikasikan. Jika fitur Discover benar diluncurkan, langkah itu tidak mengejutkan. Sebab, format TikTok sudah diadopsi oleh platform media sosial lain, termasuk Instagram (Reels), Snapchat (Spotlight), dan Youtube (Shorts). Baru-baru ini Netflix juga mengadopsi video singkat TikTok melalui fitur Fast Laughs yang menawarkan klip dari pustaka konten dan alat untuk menyimpan program ke daftar tontonan atau mulai streaming.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement