Jumat 26 Nov 2021 16:38 WIB

Mobil Robot Baidu Diizinkan Beroperasi di Beijing

Robotaxi bernama Pony.ai diizinkan bisa mengantarkan ke 600 titik di Beijing.

Red: Dwi Murdaningsih
Pony.ai, layanan mobil robot swakemudi di Beijing
Foto: REUTERS/Tingshu Wang
Pony.ai, layanan mobil robot swakemudi di Beijing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil robot atau robotaxi bernama Pony.ai yang dibesut oleh perusahaan teknologi Baidu secara resmi disetujui untuk dapat beroperasi di ibu kota China, Beijing. Kabarnya taksi- taksi pintar itu akan berjumlah sekitar 100 armada yang dapat melayani masyarakat tanpa kehadiran sopir.

Melansir Reuters, Jumat (26/11), Pony.ai akhirnya secara resmi beroperasi untuk masyarakat publik setelah beberapa pengujian. Saat ini baru ada 67 armada yang tersedia untuk dapat mengantarakan masyarakat Beijing ke 600 titik yang tersebar di area publik dan juga perumahan.

Baca Juga

Terkait biaya yang dibebankan kepada pengguna layanan, Pony.ai akan mengikuti skema tarif ride hailing yang berlaku di China. Pony.ai mendapatkan dukungan dari Toyota Motor Corp, selain itu layanan mereka juga telah disetujui oleh investor mereka Xiaoma Zhixing.

Upaya Baidu menginvestasikan miliaran dolar AS dalam menghadirkan layanan nirawak sejalan dengan visi mereka untuk menciptakan peta jalan mobil di masa depan. Sebelumnya, Pony.ai juga sempat melayani pelanggan dengan layanan robotaxi-nya untuk beroperasi terbatas di Taman Shougang Beijing.

Robotaxi Pony.ai dapat dipesan melalui layanan Apollo Go yang disediakan oleh Baidu. Rencananya Apollo Go ditargetkan bisa beroperasi di 65 kota di 2025 dan 100 kota di 2030.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْٓا اُولٰۤىِٕكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَاجِرُوْا مَا لَكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَاجِرُوْاۚ وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Anfal ayat 72)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement