Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Pratinjau Lengkap Liverpool Vs Soton Panggung Mohamed Salah

Sabtu 27 Nov 2021 01:17 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Pemain Liverpool Mohamed Salah merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya pada pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Liverpool dan Arsenal di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Ahad (21/11) dini hari WIB.

Pemain Liverpool Mohamed Salah merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya pada pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Liverpool dan Arsenal di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Ahad (21/11) dini hari WIB.

Foto: AP/Jon Super
Penyerang asal Mesir itu terbukti menjadi momok menakutkan buat pertahanan Soton.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool memiliki kans besar menggeser Manchester City di peringkat kedua dan memangkas jarak poin dengan peringkat teratas klasemen sementara Liga Primer Inggris, Chelsea. Syaratnya, The Reds mesti bisa memetik poin penuh kala menjamu Southampton pada pekan ke-14 Liga Primer Inggris, Sabtu (27/11) malam WIB.

Kemenangan di Stadion Anfield itu akan membawa The Reds merangsek ke peringkat kedua klasemen sementara, unggul dua poin atas The Citizen, dan tinggal menyisakan jarak dua poin dengan Chelsea. Setidaknya, hingga kedua tim tersebut melakoni laga pada pekan ke-14, Ahad (28/11) waktu setempat. 

Baca Juga

Jelang laga, The Reds memiliki senjata mematikan tiap kali menghadapi The Saints, yaitu Mohamed Salah. Penyerang asal Mesir itu terbukti menjadi momok menakutkan buat pertahanan Southampton. Hal ini tergambar dari rekor impresif penyerang berusia 29 tahun itu saban kali mengahadapi Southampton. 

The Saints menjadi tim ketiga yang paling sering dibobol oleh eks winger Chelsea itu di sepanjang kariernya hingga saat ini. Dari delapan kesempatan tampil menghadapi Southampton, Salah sukses mencetak tujuh gol dan mengemas dua assist. 

Momen menghadapi The Saints ini pun terbilang sempurna buat Salah. Pasalnya, penyerang timnas Mesir itu tengah melakoni start terbaiknya di sepanjang kariernya pada awal musim ini dengan menorehkan 17 gol dan enam assist dari 17 laga di semua ajang. Di pentas Liga Primer Inggris musim ini, torehan Salah lebih impresif lagi. Eks winger AS Roma itu hanya gagal mencetak gol di dua laga dari 12 penampilan pada awal musim ini. Salah tercatat memberikan kontribusi sebesar 40 persen dari total gol yang telah dicetak The Reds di 12 laga Liga Primer Inggris musim ini. 

Kontribusi Salah ini pun mengantarkan The Reds menjadi tim paling produktif di 12 laga awal Liga Primer Inggris, sekaligus menjadi satu-satunya tim di pentas Liga Primer Inggris musim ini yang mampu mencetak gol di tiap laga. Kontribusi Salah pun sepertinya bakal berlanjut di laga kontra Southampton, apabila menilik rekor penampilan Salah menghadapi The Saints. 

Alhasil, laga di Stadion Anfield ini dapat menjadi panggung lanjutan buat Salah untuk kembali menunjukan ketajamannya usai tidak pernah absen menyumbang gol di dua laga terakhir Liverpool, tepatnya saat mencukur Arsenal, 4-0, dan membungkam Porto, 2-0. 

''Kita tidak perlu berbicara soal dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam beberapa tahun terakhir. Namun, buat saya, untuk saat ini, dia (Salah) adalah pemain terbaik di dunia. Performanya pada musim ini benar-benar luar biasa,'' tutur pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, seperti dilansir The Guardian, beberapa waktu lalu. 

Dengan kans besar untuk merangsek ke peringkat kedua, Liverpool agaknya bakal menurunkan skuad terbaik di laga ini. Salah kemungkinan besar akan kembali diturunkan sebagai starter, melengkapi trio lini depan, yang dihuni Sadio Mane dan Diogo Jota, yang diistirahatkan di laga kontra Porto. Selain itu, dengan performa apik Thiago di laga kontra Porto, Klopp juga dikabarkan bakal memberikan kesempatan pada eks gelandang Bayern Muenchen itu tampil dari awal laga. 

Selain itu, James Milner dan Alex Oxlaide-Chamberlain memperkaya opsi pilihan pemain Klopp di lini tengah. Pun dengan kemungkinan diturunkannya Jordan Henderson yang telah pulih dari cedera. 

Begitu pula dengan kembalinya Andy Robertson di posisi bek kiri setelah pulih dari cedera. Meski masih belum bisa menurunkan Roberto Firmino, Curtis Jones, dan Naby Keita, Liverpool secara perlahan mulai keluar dari badai cedera pemain. Kondisi ini tentu menjadi kerugian besar buat The Saints. 

Pelatih Southampton, Ralph Hasenhuttl, pun mengakui, laga menghadapi tim besutan Jurgen Klopp itu tidak akan pernah mudah. Terlebih, Liverpool dianggap tengah menemukan kembali identitas permainan seperti saat meraih titel Liga Primer Inggris musim 2019/2020, terutama dalam kecepatan transisi permainan dan ketajaman di mulut gawang. 

''Musim lalu, mereka terlihat begitu lamban dalam transisi permainan. Namun, saat ini, mereka sudah berada dalam kondisi terbaik. Mereka menemukan kembali identitas permainan. Kondisi ini tentu akan membuat kami kesulitan. Namun, tidak ada yang tidak mungkin. Hal ini dibuktikan oleh Brighton,'' kata Hasenhuttl seperti dikutip The Independent, tengah pekan ini. 

Pelatih asal Jerman itu merujuk pada keberhasilan Brighton and Hove Albion mencuri satu poin saat melawat ke Stadion Anfield pada pekan ke-10, Oktober silam. Pada saat itu, Brighton bahkan sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu sebelum akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Terpuruk di peringkat ke-13, Southampton memang membutuhkan tambahan poin untuk bisa menembus 10 besar klasemen sementara. Namun, kemenangan di laga ini memiliki arti penting untuk bisa mengembalikan kepercayaan diri James Ward-Prowse dan kawan-kawan. 

Maklum, setelah berhasil memetik tiga kemenangan dan satu hasil imbang, The Saints menelan kekalahan mengejutkan kala dibungkam penghuni zona degradasi, Norwich City, 1-2, akhir pekan lalu.

 

Prediksi Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3) 

Pelatih: Jurgen Klopp Kiper: Alisson Belakang: Robertson, Van Dijk, Matip, Alexander-Arnold Tengah: Henderson, Fabinho, Thiago Depan: Mane, Jota, Salah 

Southampton (4-4-2)

Pelatih: Ralph Hasenhuttl Kiper: McCarthy Belakang: Walker-Peters, Salisu, Bednarek, Livramento Tengah: Redmond, Ward-Prowse, Romeu, Elyounoussi Depan: Adams, Armstrong.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile