Sabtu 27 Nov 2021 12:51 WIB

FDA Nyatakan Molnupiravir Efektif, Bagaimana Keamanannya?

Masih diperlukan penelitian dan pertimbangan pakar soal keamanan molnupiravir.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Pil eksperimental Molnupiravir produksi Merck dinyatakan efektif untuk Covid-19 oleh Food and Drugs Administration (FDA).
Foto: EPA
Pil eksperimental Molnupiravir produksi Merck dinyatakan efektif untuk Covid-19 oleh Food and Drugs Administration (FDA).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) mengumumkan bahwa molnupiravir efektif untuk Covid-19. Namun, saat ini masih diperlukan penelitian dan pertimbangan lebih lanjut dari para ahli mengenai keamanannya, tepatnya terkait risiko atau efek samping pil eksperimental tersebut.

Menurut laporan, pil Covid-19 dari Merck tersebut memiliki efek samping jika digunakan oleh ibu hamil. Ada risiko cacat lahir pada bayi yang ditimbulkan dari konsumsi obat ini.

Baca Juga

Ilmuwan FDA mengatakan bahwa tinjauan yang dilakukan terhadap pil Covid-19 Merck mengidentifikasi beberapa risiko potensial. Salah satunya mengenai kemungkinan toksisitas pada janin yang sedang berkembang dan cacat lahir yang diidentifikasi dalam uji praklinis obat pada hewan.

Mengingat risiko-risiko tersebut, FDA akan mengajukan pertanyaan kepada penasihat badan tersebut boleh-tidaknya molnupiravir diberikan kepada ibu hamil atau apakah itu bisa tersedia dalam kasus-kasus tertentu. Di bawah skenario tersebut, hal ini mungkin akan membawa peringatan tentang risiko penggunaan obat selama kehamilan.

Namun, dokter memiliki pilihan untuk meresepkan obat pil Covid-19 Merck dalam kasus-kasus tertentu, di mana manfaatnya bisa lebih besar dibanding dengan risiko bagi pasien. FDA mengatakan bahwa atas pertimbangan keamanan, perusahaan farmasi tersebut setuju untuk tidak menggunakan produk pada anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement