Ahad 28 Nov 2021 07:43 WIB

PM Jepang Tingkatkan Pertahanan Hadapi China dan Korut

Kishida mengatakan situasi keamanan di sekitar Jepang berubah dengan cepat.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida melakukan peningkatan kemampuan militer Jepang hadapi ancaman dari China dan Korea Utara.
Foto: AP/Koji Sasahara
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida melakukan peningkatan kemampuan militer Jepang hadapi ancaman dari China dan Korea Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memperbarui janjinya untuk mempertimbangkan semua opsi, termasuk memperoleh kemampuan serangan pangkalan musuh, pada tinjauan pasukan pertama kali, Sabtu (27/11). Dia bersumpah untuk menciptakan Pasukan Bela Diri yang lebih kuat untuk melindungi negara di tengah meningkatnya ancaman dari China dan Korea Utara.

"Saya akan mempertimbangkan semua opsi, termasuk memiliki apa yang disebut kemampuan serangan pangkalan musuh, untuk mengejar penguatan kekuatan pertahanan yang diperlukan," kata Kishida dalam pidatonya kepada ratusan anggota Pasukan Bela Diri Darat dengan helm dan seragam berwarna zaitun.

Baca Juga

Kishida mengatakan situasi keamanan di sekitar Jepang berubah dengan cepat. Kondisi sebenarnya, menurut pemimpin Jepang ini, lebih parah dari sebelumnya dengan Korea Utara terus menguji coba rudal balistik sambil meningkatkan kemampuannya. Sedangkan China mengejar pembangunan militer dan aktivitas yang semakin asertif di wilayah tersebut.

"Lingkungan keamanan di sekitar Jepang telah berubah dengan cepat dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal-hal yang dulu hanya terjadi dalam novel fiksi ilmiah adalah kenyataan hari ini," kata Kishida.

Sosok yang menjabat pada Oktober ini menjabat sebagai komandan tertinggi untuk pertama kalinya pada tinjauan pasukan Pasukan Bela Diri Sabtu yang diadakan di pangkalan militer utama Camp Asaka, utara Tokyo. menurut Kementerian Pertahanan, sekitar 800 tentara berkumpul untuk inspeksi.

Kishida mengatakan pemerintahnya akan memimpin diskusi tenang dan realistis untuk menentukan apa yang dibutuhkan untuk melindungi kehidupan masyarakat dan mendapatkan pemahaman mereka. Dia sekarang menganjurkan peningkatan kemampuan dan pengeluaran militer Jepang.

Sehari sebelumnya, Kabinet Kishida menyetujui permintaan 770 miliar yen untuk anggaran pertahanan tambahan hingga Maret. Anggaran itu untuk mempercepat pembelian rudal, roket anti-kapal selam, dan senjata lainnya di tengah meningkatnya kekhawatiran atas eskalasi kegiatan militer oleh China, Rusia, dan Korea Utara.

Permintaan yang masih menunggu persetujuan parlemen, merupakan rekor untuk anggaran pertahanan tambahan dan akan membawa pengeluaran militer Jepang untuk tahun ini ke level tertinggi baru. Anggaran tersebut lebih dari 6,1 triliun yen, naik 15 persen dari 5,31 triliun yen pada 2020. Gabungan anggaran untuk 2021 akan lebih dari 1 persen dari PDB Jepang, dengan tetap mempertahankan batas.

Kishida mengatakan terbuka untuk menggandakan pengeluaran militer Jepang untuk mengatasi lingkungan keamanan yang memburuk. Para kritikus juga mengatakan Jepang, sebagai negara dengan penuaan tercepat di dunia dengan populasi yang menyusut, harus mengalokasikan lebih banyak uang untuk perawatan kesehatan dan layanan lainnya, dilansir dari AP, Ahad (28/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement